Jumat 25 Feb 2022 23:15 WIB

China Kirim Pesawat, Jemput Warganya dari Ukraina

China mempersiapkan pemulangan sejumlah warganya dari Ukraina dengan pesawat carter

 Pemandangan sebuah bangunan yang rusak setelah serangan roket di kota Kyiv, Ukraina, Jumat, 25 Februari 2022.
Foto: AP Photo/Emilio Morenatti
Pemandangan sebuah bangunan yang rusak setelah serangan roket di kota Kyiv, Ukraina, Jumat, 25 Februari 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Pemerintah China mempersiapkan pemulangan sejumlah warganya dari Ukraina dengan menggunakan pesawat carter. Penerbangan carter akan dikirim dengan menyesuaikan situasi keamanan dan akan diberitahukan sebelumnya, demikian pemberitahuan Kedutaan China di Ukraina dikutip Global Times, Jumat (25/2/2022).

Warga dan perusahaan China di Ukraina menghadapi risiko keamanan mengingat situasi yang memburuk di Ukraina akibat invasi Rusia. Pihak kedutaan meminta warganya di Ukraina untuk mendaftar kepulangan.

"Saya tidak berpikir perang akan terjadi secepat ini. Saya sadar ini nyata. Saya takut, tapi saya punya anak dan saya harus tenang," kata, Sun Guang, vlogger asal Beijing yang sudah dua dekade tinggal di Ukraina, mendengar ledakan bom yang terjadi pada Kamis (24/2/2022) pukul 05.20 waktu Ukraina itu.

Saat ini ada sekitar 6.000 warga China yang berada di Ukraina, khususnya di Kiev, Lvov, Kharkov, Odessa, dan Summy. Kegiatan sekolah, pekerjaan, dan kehidupan sehari-hari mereka sudah mulai terdampak. Sebelumnya, pihak kedutaan juga telah mengingatkan warganya di Ukraina untuk tetap tinggal di rumah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement