Sabtu 26 Feb 2022 13:39 WIB

Survei: Pandangan Negatif terhadap Rusia Mendekati Tingkat Perang Dingin

Survei Langer Research Associates menemukan Rusia makin dipandang negatif

 Presiden Rusia Vladimir Putin. Survei Langer Research Associates menemukan Rusia makin dipandang negatif dalam krisis Ukraina. Ilustrasi.
Foto: AP/Alexei Nikolsky/Pool Sputnik Kremlin
Presiden Rusia Vladimir Putin. Survei Langer Research Associates menemukan Rusia makin dipandang negatif dalam krisis Ukraina. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW - Pandangan negatif terhadap Rusia telah meningkat ke tingkat yang terakhir terlihat selama Perang Dingin. Amerika secara luas mendukung sanksi sebagai tanggapan atas serangan Rusia terhadap Ukraina meskipun dukungan berkurang menjadi setengahnya jika sanksi tersebut menaikkan harga energi di Amerika Serikat.

Presiden Joe Biden mendapat lebih banyak peringkat negatif daripada positif dalam jajak pendapat ABC News/Washington Post tentang penanganannya terhadap situasi ini. Tiga puluh tiga persen setuju sementara 47% tidak setuju, dengan sisanya tidak yakin.

Baca Juga

Secara lebih luas, hampir setengah atau tepatnya 48% mengatakan kepemimpinan AS di dunia telah melemah di bawah kepresidenan Biden, dua kali lebih banyak dari yang dikatakan tumbuh lebih kuat. Kepercayaan terhadap Biden untuk menangani krisis tenggelam ke angka 43-52%, posisi yang lemah mengingat peristiwa minggu ini.

Enam puluh tujuh persen mendukung Amerika Serikat dan sekutu Eropanya yang memberlakukan sanksi ekonomi terhadap Rusia, sebanyak 20% menentang dan sisanya tidak yakin. Namun, jika sanksi menghasilkan harga energi yang lebih tinggi - seperti yang telah diperingatkan Biden - dukungan turun menjadi 51%, dengan 33% menentang. Hasil survei itu mencerminkan ketidakpuasan ekonomi, dengan inflasi tertinggi dalam hampir 40 tahun.

Dilansir ABC News pada Sabtu (26/2/2022), jajak pendapat ini dilakukan pada Ahad (20/2/2022) hingga Kamis (24/2/2022) malam, termasuk periode di mana Rusia mengancam Ukraina dan kemudian, pada Kamis (24/2/2022) saat Rusia menyerbu. Sikap dapat berkembang saat krisis berlangsung.

Hasil survei yang paling mencolok adalah pandangan Rusia. Delapan puluh persen melihatnya sebagai tidak bersahabat atau musuh Amerika Serikat, angka yang paling banyak sejak 1983 (saat itu diukur sebagai Uni Soviet), meskipun hampir serupa dengan 77% atau beberapa bulan setelah Rusia menginvasi Krimea pada 2014.

Hasil saat ini termasuk 41% yang sekarang melihat Rusia sebagai musuh Amerika Serikat, naik dari satu digit di awal 2000-an dan awal 1990-an. Hanya 12% yang menyebut Rusia ramah terhadap (atau sekutu) Amerika Serikat dalam jajak pendapat ini, yang diproduksi untuk ABC oleh Langer Research Associates. Angka itu turun dari 62% pada tahun 2002 (periode solidaritas pasca-9/11) dan tertinggi 66% pada tahun 1993, dua tahun setelah jatuhnya Uni Soviet.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement