Sabtu 05 Mar 2022 08:46 WIB

Pengungsi Suriah di Ukraina: Mengapa Kami tidak Diterima di Eropa? 

Pengungsi Suriah dan Arab mendapat perlakuan berbeda dari pengungsi Ukraina

Rep: Dwina Agustin, Shabrina Zakaria/ Red: Nashih Nashrullah
Pengungsi Ukraina beristirahat di stasiun kereta Warszawa Wschodnia (Warsawa Timur) di Warsawa, Polandia (Ilustrasi). Pengungsi Suriah dan Arab mendapat perlakuan berbeda dari pengungsi Ukraina
Foto: EPA-EFE/PAWEL SUPERNAK
Pengungsi Ukraina beristirahat di stasiun kereta Warszawa Wschodnia (Warsawa Timur) di Warsawa, Polandia (Ilustrasi). Pengungsi Suriah dan Arab mendapat perlakuan berbeda dari pengungsi Ukraina

REPUBLIKA.CO.ID, SIDON – Pengungsi Suriah Ahmad al-Hariri melarikan diri dari perang di negaranya ke negara tetangga Lebanon 10 tahun lalu. Dia menghabiskan satu dekade terakhir dengan harapan sia-sia untuk melarikan diri ke kehidupan baru di Eropa. 

Menyaksikan negara-negara Eropa membuka tangan kepada ratusan ribu orang Ukraina dalam waktu kurang dari sepekan, ayah tiga anak ini mau tak mau membandingkan nasibnya. 

Baca Juga

"Kami bertanya-tanya, mengapa orang Ukraina diterima di semua negara sementara kami, pengungsi Suriah, masih di tenda dan tetap di bawah salju, menghadapi kematian, dan tidak ada yang melihat kami?" katanya di sebuah pusat pengungsi dengan 25 keluarga berlindung di tepi kota Mediterania Sidon.

Sebanyak 12 juta warga Suriah telah tercerabut oleh perang, kritikus mulai dari Hariri hingga aktivis dan kartunis membandingkan reaksi Barat terhadap krisis pengungsi yang dipicu oleh invasi Rusia ke Ukraina. Mereka menyoroti cara Eropa berusaha menahan pengungsi Suriah dan pengungsi lainnya pada 2015. 

Beberapa mengingat peristiwa ketika pengungsi yang berjalan selama berhari-hari dalam cuaca buruk atau kehilangan nyawa di penyeberangan laut yang berbahaya ketika mencoba menembus perbatasan Eropa. Kondisi ini dibandingkan dengan pernyataan Uni Eropa (UE) yang melaporkan setidaknya 400 ribu pengungsi telah memasuki blok dari Ukraina, yang memiliki perbatasan darat dengan empat negara UE, pada hari keempat invasi. 

Sementara itu 7 Jutaan lagi diharapkan akan pergi meninggalkan Ukraina dan UE sedang mempersiapkan langkah-langkah yang akan menawarkan izin tinggal sementara serta akses ke pekerjaan dan kesejahteraan sosial. Pembukaan cepat pintu UE bertentangan dengan tanggapannya terhadap perang di Suriah dan di tempat lain. 

Pada awal 2021, 10 tahun setelah konflik Suriah meletus, negara-negara UE telah menerima satu juta pengungsi dan pencari suaka Suriah, lebih dari setengahnya diambil oleh Jerman. 

Sumber: Tentara Israel Paksa Diplomat Muslim Taiwan Baca Alquran

Sebagian besar dari mereka tiba sebelum kesepakatan 2016, UE membayar miliaran euro kepada Turki untuk terus menampung 3,7 juta warga Suriah. 

Kali ini, sambutan UE secara langsung. "Kami tidak memiliki gelombang pengungsi di sini yang biasa kami alami dan kami tidak tahu harus berbuat apa orang-orang dengan masa lalu yang tidak jelas," kata Perdana Menteri Bulgaria Kiril Petkov, menggambarkan orang Ukraina sebagai orang yang cerdas, berpendidikan, dan berkualifikasi tinggi. 

Bulgaria mengatakan akan membantu semua orang yang datang dari Ukraina, ada sekitar 250 ribu etnis Bulgaria. "Ini adalah orang Eropa yang bandaranya baru saja dibom, yang mendapat kecaman," kata Petkov. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement