Kamis 10 Mar 2022 11:54 WIB

Pertemuan Presiden Turki dan Israel Jadi Titik Baru

Turki dan Israel berusaha menghidupkan kembali dialog politik bilateral

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
 Foto selebaran yang disediakan oleh Kantor Pers Presiden Turki menunjukkan, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (kanan) berjabat tangan dengan Presiden Israel Isaac Herzog (kiri) sebelum pertemuan mereka di Ankara, Turki, 09 Maret 2022. Presiden Herzog adalah presiden Israel pertama untuk mengunjungi Turki sejak 2007.
Foto:

Herzog mengatakan serangkaian tokoh terkemuka, termasuk banyak pemimpin pria dan wanita Yahudi, penyair, dan pedagang, semuanya adalah bagian dari sejarah Yahudi di Turki. Dia menekankan bahwa anggota dari semua agama dapat dan harus hidup bersama dalam damai di kawasan.

"Saya berharap kita bekerja sama untuk membangun stabilitas, kemakmuran, perdamaian, dan keamanan di kawasan," ujar Herzog.

Herzog melanjutkan pidatonya dengan mengutip puisi "On living" dari penyair Turki terkemuka Nazim Hikmet. "Kami, dua orang, dua negara, memilih untuk memulai perjalanan kepercayaan dan rasa hormat yang akan melibatkan dialog mendalam di semua bidang," ujarnya mengutip penggalan syair tersebut.

"Kedua bangsa itu adalah anak-anak Nabi Ibrahim," katanya.

"Saya percaya bahwa kita semua, anggota dari semua agama, Kristen, Yahudi, dan Muslim dapat dan harus hidup berdampingan secara damai satu sama lain di wilayah yang indah ini," katanya.

Herzog pun menyinggung Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu yang akan mengunjungi Israel pada bulan depan. Kunjungan balasan ini dalam upaya mengadakan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid. "Ini akan memungkinkan kelanjutan dialog," ujarnya.

Tidak lupa, Herzog memuji upaya Turki untuk pertemuan trilateral dengan menteri luar negeri Ukraina dan Rusia yang akan diadakan di Antalya pada Kamis (10/3). "Saya juga sangat menghargai upaya Anda yang memimpin ke pertemuan puncak yang akan diadakan di negaramu besok," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement