Kamis 10 Mar 2022 13:09 WIB

AS Tolak Permintaan Polandia Kirim Jet Tempur Tambahan ke Ukraina

Pengiriman jet MiG-29 ke Ukraina mungkin dapat memicu reaksi signifikan dari Rusia.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Friska Yolandha
Angkatan Udara Polandia menerbangkan pesawat buatan Rusia MiG-29 (atas) dan jet tempur F-16 selama pameran udara di Radom, Polandia, 27 Agustus 2022. Pemerintah Polandia akan mengerahkan semua jet tempur MiG-29 miliknya ke Ukraina.
Foto: AP Photo/Alik Keplicz
Angkatan Udara Polandia menerbangkan pesawat buatan Rusia MiG-29 (atas) dan jet tempur F-16 selama pameran udara di Radom, Polandia, 27 Agustus 2022. Pemerintah Polandia akan mengerahkan semua jet tempur MiG-29 miliknya ke Ukraina.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Amerika Serikat (AS) menolak permintaan Polandia untuk mengirimkan pesawat tempur tambahan ke Ukraina. Polandia diketahui telah menyatakan siap memberikan semua jet MiG-29 miliknya ke Ukraina jika Washington bersedia membantu proses pengirimannya.

Juru bicara Pentagon John Kirby mengatakan, Menteri Pertahanan (Menhan) AS Lloyd Austin melakukan percakapan via telepon dengan Menhan Polandia Mariusz Blaszczak pada Rabu (9/3/2022) pagi. Pada kesempatan itu, Lloyd mengucapkan terima kasih atas kesediaan Warsawa untuk bekerja sama dalam membantu Ukraina.

Baca Juga

“Tapi dia (Lloyd) menekankan bahwa kami tidak mendukung transfer pesawat tempur tambahan ke Angkatan Udara Ukraina saat ini, dan karena itu tidak memiliki keinginan untuk melihat mereka dalam penjagaan kami juga,” kata Kirby.

Kirby mengungkapkan, komunitas intelijen telah menilai bahwa pengiriman jet MiG-29 ke Ukraina mungkin dapat memicu reaksi signifikan dari Rusia. Hal itu pada akhirnya meningkatkan prospek eskalasi militer dengan aliansi Organisasi Pertahanan Atlantik Utara (NATO). “Oleh sebab itu kami menilai pengiriman MiG-29 ke Ukraina berisiko tinggi,” ujarnya.

Kirby mengatakan, cara terbaik untuk mendukung pertahanan Ukraina adalah dengan menyediakan senjata yang paling mereka butuhkan, terutama sistem pertahanan udara. “Kami bersama dengan negara-negara lain terus mengirimi mereka senjata-senjata ini dan kami tahu bahwa mereka digunakan dengan efek yang besar,” ucapnya.

Sebelumnya, Pemerintah Polandia mengatakan siap mengerahkan semua jet tempur MiG-29 miliknya ke Ukraina. Mereka meminta AS memfasilitasi proses pengiriman pesawat tersebut ke Kiev. “Otoritas Republik Polandia siap untuk mengerahkan, segera dan gratis, semua jet MiG-29 mereka ke Pangkalan Udara Rammstein dan menempatkannya di tangan pemerintah AS,” kata Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Polandia dalam sebuah pernyataan pada Selasa (8/3/2022).

Pada saat bersamaan, Polandia meminta AS memberi mereka pesawat bekas dengan kemampuan operasional yang sesuai. “Polandia siap untuk segera menetapkan syarat pembelian pesawat,” kata Kemenlu Polandia.

Polandia memang mendukung Ukraina dengan senjata pertahanan. Namun mereka mengatakan tidak akan mengirim jet tempur ke Ukraina. Sebab Warsawa menilai, ia bukan pihak yang terlibat langsung dalam konflik Ukraina-Rusia. Polandia memang bukan sekutu NATO dan Rusia.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement