Sabtu 12 Mar 2022 13:37 WIB

Guatemala Terima Kedatangan Pertama Pengungsi Ukraina

Delapan warga Ukraina menjadi yang pertama tiba di Guatemala

Pengungsi dari Ukraina menunggu di stasiun kereta Krakow di Krakow, Polandia, Rabu, 9 Maret 2022.
Foto: AP/Markus Schreiber
Pengungsi dari Ukraina menunggu di stasiun kereta Krakow di Krakow, Polandia, Rabu, 9 Maret 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, GUATEMALA CITY -- Pemerintah Guatemala pada Jumat (11/3) menerima kedatangan pertama pengungsi Ukraina sejak Rusia melakukan invasi terhadap negara tetangganya itu Februari lalu, kata otoritas setempat. Delapan warga Ukraina menjadi yang pertama tiba di negara Amerika Tengah tersebut "atas alasan kemanusiaan," kata juru bicara pihak imigrasi kepada Reuters.

Penerbangan selanjutnya yang membawa 10 lebih warga Ukraina akan tiba nanti malam, katanya. Belum diketahui pasti berapa banyak pengungsi yang sudah tiba di Guatemala secara pribadi sejak invasi dimulai.

Baca Juga

Pengumuman tentang kedatangan pengungsi Ukraina oleh pemerintah Guatemala menjadi yang pertama dari trio negara Amerika Tengah yang dikenal sebagai Segitiga Utara, di mana mereka melihat sendiri berapa banyak populasinya yang bermigrasi lantaran kekerasan dan kemiskinan.

Jumlah warga Ukraina maupun Rusia yang menyelamatkan diri ke Amerika Latin dalam beberapa bulan terakhir meningkat, termasuk orang-orang yang muncul di perbatasan Amerika Serikat dan Meksiko.

sumber : Antara / Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement