Ahad 13 Mar 2022 16:17 WIB

Inggris Siapkan Insentif untuk Warga Penampung Pengungsi Ukraina

Inggris akan memberikan insentif sebesar 350 poundsterling atau setara Rp6,5 juta.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Agung Sasongko
Pengungsi dari Ukraina menunggu di stasiun kereta Krakow di Krakow, Polandia, Rabu, 9 Maret 2022.
Foto: AP/Markus Schreiber
Pengungsi dari Ukraina menunggu di stasiun kereta Krakow di Krakow, Polandia, Rabu, 9 Maret 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON – Pemerintah Inggris akan memberikan insentif sebesar 350 poundsterling atau setara Rp6,5 juta per bulan kepada warganya yang menampung pengungsi Ukraina di rumah mereka. Program tersebut diberi nama “Homes for Ukraine”.

Dengan program tersebut, Pemerintah Inggris akan membiarkan pengungsi Ukraina datang ke negara tersebut walaupun mereka tak memiliki keluarga di sana. Warga yang bersedia memberikan kamar atau properti cadangan untuk jangka waktu minimal enam bulan, akan memperoleh dana 350 poundsterling dari pemerintah.

Baca Juga

"Inggris berdiri di belakang Ukraina di saat-saat tergelap mereka dan publik Inggris memahami perlunya menyelamatkan sebanyak mungkin orang secepat mungkin," kata Menteri Perumahan Inggris Michael Gove, Ahad (13/3/2022).

Dia mendorong seluruh warga Inggris untuk bergabung dalam upaya nasional dan menawarkan dukungan kepada para pengungsi Ukraina. “Bersama-sama kita dapat memberikan rumah yang aman bagi mereka yang sangat membutuhkannya,” ucapnya.

Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi Filippo Grandi mengatakan, sejauh ini setidaknya terdapat 2,5 juta warga Ukraina yang mengungsi ke negara-negara tetangga. Jumlah tersebut mencakup lebih dari 1 juta anak-anak.

“Jumlah pengungsi dari Ukraina tragisnya telah mencapai 2,5 juta hari ini. Kami juga memperkirakan bahwa sekitar dua juta orang mengungsi di dalam Ukraina. Jutaan orang terpaksa meninggalkan rumah mereka karena perang yang tidak masuk akal ini,” kata Grandi lewa akun Twitter pribadinya pada Jumat (11/3/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement