Ahad 13 Mar 2022 16:42 WIB

Perlunya Persamaan Persepsi dalam Pembelajaran di Masa Pandemi

Untuk memenuhi capaian pembelajaran maka diperlukan beberapa perubahan

Kegiatan belajar mengajar merupakan salah satu bentuk tri dharma yang dilakukan dalam dunia pendidikan. Meski kini berlangsungnya pendidikan di tengah pandemi Covid-19, mengharuskan melakukan perubahan. Terutama dalam pelaksanaannya, maupun dalam menyiapkan bahan ajar yang akan disampaikan.
Foto: istimewa
Kegiatan belajar mengajar merupakan salah satu bentuk tri dharma yang dilakukan dalam dunia pendidikan. Meski kini berlangsungnya pendidikan di tengah pandemi Covid-19, mengharuskan melakukan perubahan. Terutama dalam pelaksanaannya, maupun dalam menyiapkan bahan ajar yang akan disampaikan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Kegiatan belajar mengajar merupakan salah satu bentuk tri dharma yang dilakukan dalam dunia pendidikan. Meski kini berlangsungnya pendidikan di tengah pandemi Covid-19, mengharuskan melakukan perubahan. Terutama dalam pelaksanaannya, maupun dalam menyiapkan bahan ajar yang akan disampaikan.

Untuk memenuhi capaian pembelajaran dari sebuah mata kuliah, maka diperlukan beberapa perubahan, agar ilmu pengetahuan yang disampaikan dapat diterima oleh mahasiswa dengan baik.

Baca Juga

Program Studi (prodi) Administrasi Perkantoran Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menyadari pentingnya hal tersebut. Sehingga, prodi Administrasi Perkantoran bersama unit pengembang akademik melakukan perubahan, baik teknis maupun isi konten dalam pembelajaran mata kuliah secara daring dengan persamaan persepsi mata kuliah.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Jumat, 4 Maret 2022 dan Senin, 7 Maret 2022 ini, mengundang seluruh dosen pengajar mata kuliah di prodi Administrasi Perkantoran Universitas BSI, yang berlangsung secara daring, melalui zoom.

Seluruh narasumber yang hadir, merupakan dosen pengampu mata kuliah yang masuk ke dalam Unit Pengembangan Akademik (UPA) prodi Administrasi Perkantoran.

Dalam kegiatan ini, turut pula hadir, ketua prodi Administrasi Perkantoran Universitas BSI, Idah Yuniasih yang menyampaikan beberapa informasi akademik terkait pembelajaran di semester Genap 2021/2022. “Persamaan persepsi ini dilaksanakan dalam 10 sesi selama dua hari. Mata kuliah yang memiliki perubahan konten yaitu aplikasi komputer perkantoran, automated filling system, speed typing 2, speech and presentation skill, pendidikan kewarganegaraan, bahasa indonesia, character building, manajemen kearsipan dan metode penelitian sosial,” jelas Idah, dalam keterangan tertulisnya (7/3/2022).

Ia mengatakan, penyampaian perubahan konten mata kuliah terdiri dari RPS (Rencana Pembelajaran Semester), RTM (Rapat Tinjauan Manajemen), silabus, serta rubrik penilaian dari masing-masing mata kuliah sesuai capaian pembelajaran yang diharapkan.

“Dosen diharapkan memberikan informasi lengkap dalam penulisan berita acara pengajaran yang berisi tentang materi yang disampaikan, jumlah mahasiswa yang hadir, bentuk pengajaran yang diberikan, dan penugasannya,” ujarnya.

Lanjutnya, untuk pengajar dapat mengumpulkan contoh penugasan terbaik sebagai bentuk keluaran dari proses pembelajaran mata kuliah yang nantinya akan dikumpulkan kepada UPA prodi Administrasi Perkantoran Universitas BSI.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement