Ahad 13 Mar 2022 18:37 WIB

Terbaik dalam Sejarah, Penyaluran Bansos Capai 90 Persen dalam Dua Pekan

Penyaluran bansos ditargetkan mencapai 100 persen pada akhir Maret 2022.

Menko PMK Muhadjir memantau penyaluran bansos di Desa Ngadirejo, Kecamatan Wonoasri, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.
Foto: Istimewa
Menko PMK Muhadjir memantau penyaluran bansos di Desa Ngadirejo, Kecamatan Wonoasri, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, MADIUN -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memuji kinerja PT Pos Indonesia (Persero) dalam menyalurkan bansos Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/Kartu Sembako secara tunai dari Kementerian Sosial (Kemensos). Dalam dua pekan, penyaluran telah tercapai 90 persen.

"Ini adalah capaian paling bagus dalam sejarah penyaluran bansos, di atas 90 persen dalam dua pekan," kata Menko PMK Muhadjir di sela pemantauan penyaluran bansos di Desa Ngadirejo, Kecamatan Wonoasri, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Sabtu (131/3/2022).

Penyaluran bansos yang dilakukan Pos Indonesia secara cepat dan tepat sasaran itu sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo. "Sesuai instruksi Bapak Presiden Joko Widodo, penyaluran bansos harus dipercepat. Untuk PKH, capaian penyaluran saat ini 90 persen sudah masuk rekening penerima manfaat, tapi yang mengambil baru sekitar 80 persen," kata Menko PMK Muhadjir.

 

photo
Menko PMK Muhadjir memantau penyaluran bansos di Desa Ngadirejo, Kecamatan Wonoasri, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. - (Istimewa)

 

Percepatan penyaluran bansos tersebut harus dilakukan guna mengantisipasi lonjakan harga bahan pangan dan inflasi saat ini. "Mudah-mudahan semuanya cepat tersalurkan sesuai arahan Presiden untuk mengantisipasi lonjakan harga dan inflasi akibat pandemi dan perang antara Rusia dan Ukraina," ucapnya.

Lebih lanjut Menko PMK Muhadjir mengatakan, penyaluran bansos ditargetkan mencapai 100 persen pada akhir Maret 2022. "Mudah-mudahan keluarga yang tidak mampu ini bebannya dapat lebih ringan dengan bansos yang lancar," kata dia.

Dalam kunjungan tersebut, Menko PMK Muhadjir menyempatkan diri mendatangi sejumlah rumah keluarga penerima manfaat dan berdialog seputar penyaluran bansos. Warga mengaku senang mendapat bantuan dan cukup terbantu, terutama pada masa pandemi saat ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement