Senin 14 Mar 2022 11:51 WIB

Thailand Rayakan Hari Gajah, Gajah Berpesta Makanan

Gajah adalah sumber kebanggaan nasional dan identitas budaya untuk Thailand.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Dwi Murdaningsih
Gajah beraksi di sebuah sirkus Thailand
Foto: AP
Gajah beraksi di sebuah sirkus Thailand

REPUBLIKA.CO.ID, CHONBURI -- Thailand memperingati Hari Gajah tahunan pada Ahad (13/3/2022) dengan memberikan jamuan untuk hampir 60 gajah. Gajah-gajah menikmati tumpukan buah-buahan dalam proses penghormatan di Taman Tropis Nong Nooch di provinsi Chonburi timur.

"Orang-orang senang melihat gajah, memberi mereka makanan, terutama pisang yang mereka sukai dan mereka terlihat sehat dan bahagia," presiden Taman Tropis Nong Nooch, Kampon Tansacha.

Baca Juga

Dalam perayaan tersebut, para gajah disuguhi dua ton buah dan sayuran yang diletakkan di atas meja selebar delapan meter. Dengan tidak adanya turis asing untuk waktu yang lama, prasmanan dan beberapa pengunjung membawa kegembiraan bagi mereka.

"Tentu saja mereka bosan karena terbiasa dengan manusia. Itu sebabnya gajah kami sangat ramah kepada semua orang,” kata Kampon Tansacha.

Acara ini biasanya dirayakan di berbagai bagian lain Thailand. Namun, pandemi dan kesulitan ekonomi membuat beberapa wilayah lain telah mengurangi perayaan gajah tahun ini.

Gajah adalah sumber kebanggaan nasional dan identitas budaya untuk Thailand. Hewan tersebut sering juga digunakan untuk membantu dalam pekerjaan, transportasi, dan perayaan-perayaan di negara tersebut.

Namun, kelompok hak-hak binatang telah lama menyerukan kamp gajah di Thailand untuk mengakhiri pertunjukan dan wahana binatang. Mereka mencap pertunjukan itu sebagai bentuk penyiksaan terhadap hewan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement