Sabtu 19 Mar 2022 10:36 WIB

Pesawat Militer AS Jatuh di Norwegia Utara

Pesawat MV-22B Osprey milik Korps Marinir AS jatuh di Norwegia utara

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Christiyaningsih
Sebuah pesawat militer Amerika Serikat (AS) telah jatuh di Norwegia utara. Ilustrasi.
Foto: EPA-EFE/RONALD WITTEK
Sebuah pesawat militer Amerika Serikat (AS) telah jatuh di Norwegia utara. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Sebuah pesawat militer Amerika Serikat (AS) telah jatuh di Norwegia utara. Polisi setempat dan Pusat Koordinasi Penyelamatan Gabungan (JRCC) Norwegia mengkonfirmasi hal tersebut pada Jumat (18/3/2022).

Pesawat MV-22B Osprey milik Korps Marinir AS sedang mengambil bagian dalam latihan militer NATO yang disebut Cold Response. Pesawat itu dilaporkan hilang sekitar pukul 18.26 waktu setempat. Pesawat itu mengangkut empat orang anggota militer AS.

Baca Juga

Helikopter penyelamat dan pesawat Orion militer Norwegia mencari di daerah jatuhnya pesawat. Helikopter melihat puing-puing dari udara pada pukul 20.17 waktu setempat setelah menerima sinyal darurat. "Kami telah menemukan sebuah pesawat yang jatuh. Kami tidak melihat tanda-tanda kehidupan," kata Kepala Staf Polisi Nordland Bent Eilertsen kepada Reuters.  

"Kami telah diberitahu bahwa itu adalah pesawat Amerika dengan empat orang Amerika di dalamnya," ujar Eilertsen menambahkan.

Karena cuaca buruk, pesawat penyelamat tidak bisa mendarat. Sebaliknya, polisi dan layanan penyelamatan berusaha mencapai lokasi melalui darat tetapi membutuhkan waktu cukup lama. Sementara kondisi cuaca sangat buruk. "Gelap, kondisi cuaca buruk dan ada risiko longsoran salju," kata Eilertsen.

Pesawat itu sedang menjalani latihan dan dijadwalkan mendarat sekitar pukul 18.00 waktu setempat. Cuaca di sekitar lokasi jatuhnya pesawat militer AS sangat buruk.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement