Rabu 06 Apr 2022 13:14 WIB

Joe Biden akan Rilis Program Khusus untuk Warga AS yang Alami Long Covid-19

Presiden Joe Biden siapkan rencana hadapi krisis kesehatan akibat long Covid

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Christiyaningsih
 Presiden AS Joe Biden siapkan rencana hadapi krisis kesehatan akibat long Covid. Ilustrasi.
Foto: AP/Evan Vucci
Presiden AS Joe Biden siapkan rencana hadapi krisis kesehatan akibat long Covid. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menugaskan Departemen Kesehatan mengembangkan rencana aksi nasional untuk mengatasi krisis kesehatan yang membayangi akibat Covid yang berkepanjangan (long Covid). Long Covid adalah suatu kondisi yang kompleks dengan banyak gejala yang membuat banyak penderita tidak dapat bekerja.

Dilansir Channel News Asia pada Rabu (6/4/2022), long Covid yang muncul beberapa bulan setelah infeksi Covid-19 memengaruhi hampir tujuh persen dari semua orang dewasa AS. Sebanyak 2,3 persen dari keseluruhan populasi dan telah menelan biaya sekitar 386 miliar dolar AS dalam bentuk kehilangan upah, tabungan, dan tagihan medis.

Baca Juga

Lebih dari 200 gejala, banyak yang berlangsung selama berbulan-bulan, telah dikaitkan dengan kondisi tersebut termasuk nyeri, kelelahan, kabut otak, kesulitan bernapas, dan kelelahan setelah aktivitas fisik minimal. "Rencana aksi penelitian nasional yang dikembangkan bersama dalam 120 hari akan memperluas layanan penelitian, perawatan dan disabilitas untuk orang yang menderita kondisi tersebut," kata Sekretaris Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Xavier Becerra.

Ini juga membahas beberapa kekhawatiran yang diangkat oleh kelompok advokasi pasien, yang telah mengkritik lambatnya program penelitian RECOVER dari National Institutes of Health senilai 1,15 miliar dolar AS dan bertujuan untuk mempercepat pendaftaran 40 ribu orang dengan dan tanpa Covid-19 yang lama. Berdasarkan rencana tersebut, Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan (HHS) akan menginvestasikan 20 juta dolar AS per tahun depan untuk menyelidiki bagaimana sistem perawatan kesehatan dapat membantu mereka dengan Covid-19 yang lama, membimbing praktik perawatan primer, dan mengembangkan klinik multi spesialisasi di seluruh negeri.  

Ketentuan lainnya antara lain penambahan program Covid-19 yang lebih panjang pada 18 fasilitas Departemen Veteran yang sudah menawarkannya. HHS juga akan meluncurkan proyek baru, Health+, yang bertujuan untuk mendapatkan wawasan tentang pengalaman mereka yang hidup dengan kondisi yang sering melemahkan untuk membantu menginformasikan perawatan berkualitas tinggi dan berkontribusi pada praktik terbaik standar di klinik Covid-19 yang lama.

Rencana tersebut juga bertujuan menerjemahkan temuannya ke dalam kebijakan disabilitas yang dapat ditindaklanjuti dengan Administrasi Jaminan Sosial. Kebijakan ini berkolaborasi dengan Departemen Tenaga Kerja untuk membantu pekerja yang terkena dampak yang memutuskan apakah mereka dapat kembali ke pekerjaan mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement