Rabu 06 Apr 2022 17:09 WIB

Presiden Sri Lanka tak akan Mundur Meskipun Protes Meningkat

Presiden Rajapaksa akan menghadapi krisis politik dan ekonomi Sri Lanka.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Friska Yolandha
Pada Jumat, 3 Januari 2020, file foto, Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa meninggalkan mimbar setelah berpidato di parlemen saat upacara pelantikan sidang, di Kolombo, Sri Lanka.
Foto: AP Photo/Eranga Jayawardena
Pada Jumat, 3 Januari 2020, file foto, Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa meninggalkan mimbar setelah berpidato di parlemen saat upacara pelantikan sidang, di Kolombo, Sri Lanka.

REPUBLIKA.CO.ID, KOLOMBO -- Presiden Sri Lanka, Gotabaya Rajapaksa tidak akan mengundurkan diri meski protes akibat krisis ekonomi meluas di seluruh negeri. Seorang menteri pemerintah mengatakan, Rajapaksa akan menghadapi krisis politik dan ekonomi Sri Lanka.

Sri Lanka telah mengalami kekurangan bahan bakar dan kebutuhan pokok lainnya selama berbulan-bulan. Aksi protes atas masalah ekonomi telah menyebar ke seluruh negeri, dan menjalar ke kritik terhadap Presiden Rajapaksa serta keluarganya yang memiliki kekuatan politik.

Baca Juga

Rajapaksa telah menolak seruan agar dia mengundurkan diri, bahkan setelah anggota koalisinya juga mendesak hak serupa. Anggota parlemen partai berkuasa mengatakan, pemerintah sementara harus menggantikan Rajapaksa. Jika dia tidak mundur, maka dia harus bertanggung jawab atas kekerasan yang terjadi dalam aksi protes.

"Rajapaksa tidak akan mengundurkan diri. Kami akan menghadapi ini. Kami memiliki kekuatan untuk menghadapi ini. Kami tidak takut,” kata Menteri Jalan Raya, Johnston Fernando kepada parlemen, Rabu (6/4/2022).

Beberapa jam sebelumnya, Rajapaksa mencabut status darurat yang diberlakukan pekan lalu, setelah kerumunan pengunjuk rasa berdemonstrasi di dekat rumahnya di Ibu Kota Kolombo. Deklarasi status darurat  dikritik secara luas telah memberikam wewenang besar kepada Rajapaksa untuk bertindak demi kepentingan keamanan publik, termasuk menangguhkan undang-undang apa pun, mengizinkan penahanan, dan menyita properti.

“Kami siap menghadapi jika ada yang datang menyerang kami.  Kami tidak takut.  Kami memiliki kekuatan untuk menghadapi ini,” kata Fernando di parlemen.

Rajapaksa sebelumnya mengusulkan pembentukan pemerintah persatuan untuk menangani krisis, tetapi partai oposisi utama menolaknya.  Kabinetnya mengundurkan diri pada Ahad (3/4/2022) malam, dan pada Selasa (5/4/2022). Hampir 40 anggota parlemen koalisi yang memerintah mengatakan, mereka tidak akan lagi memilih sesuai dengan instruksi koalisi, yang secara signifikan melemahkan pemerintah.

Perdana Menteri Mahinda Rajapaksa, yang merupakan kakak laki-laki Presiden Rajapaksa, terus memegang kekuasaan di Sri Lanka, meskipun keluarga mereka yang kuat secara politik menjadi fokus kemarahan publik. Lima anggota keluarga lainnya adalah anggota parlemen, termasuk Menteri Keuangan Basil Rajapaksa, Menteri Irigasi Chamal Rajapaksa, dan Menteri Olahraga Namal Rajapaksa, yang merupakan keponakan presiden.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement