Jumat 15 Apr 2022 11:23 WIB

Ledakan Keras Terdengar di Kiev

Ledakan keras terdengar di ibukota Kiev dan kota-kota lain di seluruh Ukraina

Rep: Lintar Satria/ Red: Christiyaningsih
Kepulan asap mengepul setelah ledakan di Lviv, Ukraina barat. Ledakan keras terdengar di ibukota Kiev dan kota-kota lain di seluruh Ukraina. Ilustrasi.
Foto: AP/AP
Kepulan asap mengepul setelah ledakan di Lviv, Ukraina barat. Ledakan keras terdengar di ibukota Kiev dan kota-kota lain di seluruh Ukraina. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV -- Media setempat melaporkan ledakan keras terdengar di ibukota Kiev dan kota-kota lain di seluruh Ukraina. Pada Jumat (15/4) bunyi sirene serangan udara berbunyi di seluruh negara itu.

Ledakan juga terdengar di selatan kota Kherson, timur Kota Kharkiv dan barat Kota Ivano-Frankivsk. Belum ada konfirmasi resmi mengenai ledakan tersebut dan belum bisa diverifikasi dengan independen.

Baca Juga

Sebelumnya Rusia memperingatkan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) tentang potensi keanggotaan Swedia dan Finlandia. Moskow mengungkapkan jika kedua negara tersebut bergabung dengan NATO, Rusia harus meningkatkan pertahanannya dan tidak akan ada lagi pembicaraan tentang kawasan Baltik yang bebas nuklir.

“Tidak ada lagi pembicaraan tentang status bebas nuklir untuk Baltik, keseimbangan harus dipulihkan. Sampai hari ini Rusia belum mengambil tindakan seperti itu dan tidak akan melakukannya,” kata Wakil Ketua Dewan Keamanan Rusia Dmitry Medvedev, Kamis (14/4).

Awal pekan ini, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan bergabungnya Swedia dan Finlandia ke NATO tidak akan membawa stabilitas ke Eropa. Moskow tetap menilai NATO sebagai alat yang diarahkan untuk konfrontasi.

“Kami telah berulang kali mengatakan bahwa aliansi (NATO) tetap menjadi alat yang diarahkan untuk konfrontasi dan ekspansi lebih lanjut tidak akan membawa stabilitas ke benua Eropa,” kata Peskov kepada awak media pada Senin (11/4/2022).

Seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) telah mengungkapkan, prospek Finlandia dan Swedia bergabung dengan NATO tengah dibahas oleh para menteri luar negeri negara anggota. Keputusan tentang keanggotaan kedua negara tersebut diperkirakan bakal diputuskan sebelum pertengahan musim panas.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement