Rabu 20 Apr 2022 02:15 WIB

Dubes India: Konstitusi India Jamin Kebebasan Beragama

Dubes India sebut konstitusi India jamin kebebasan beragama dan praktik keagamaan

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Duta besar India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti saat berkunjung ke redaksi Kantor Berita Antara di Jakarta, Selasa (19/4/2022).
Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak A/nym.
Duta besar India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti saat berkunjung ke redaksi Kantor Berita Antara di Jakarta, Selasa (19/4/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Duta Besar (Dubes) India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti mengatakan konstitusi India menjamin kebebasan beragama dan praktik keagamaan untuk semua agama.

"Seluruh negara diatur oleh satu konstitusi yang penting dalam menjaga rasa keseragaman dan kesamaan," ujar Manoj Kumar Bharti dalam wawancara khusus program International Corner Antara di Jakarta, Selasa (19/4/2022).

Baca Juga

Ia mengatakan ketentuan konstitusi khusus untuk kelompok minoritas di India memberi mereka otonomi untuk melestarikan dan mempraktikkan budaya mereka. Menurut Bharti, mengingat sifat pluralistik masyarakat India maka ada kemungkinan bahwa masalah tertentu mungkin muncul antara dua kelompok budaya atau etnis yang berbeda.

Ia menjelaskan sistem peradilan India yang independen memberikan contoh dalam menegakkan nilai-nilai yang diabadikan dalam Konstitusi India. Bharti mengatakan India merupakan masyarakat multi budaya dan multi etnis seperti Indonesia. Sejak dulu, lanjut dia, berbagai kelompok sosial, etnis, agama telah hidup rukun satu sama lain di India dan esensi budaya India adalah menghormati semua perbedaan dan perdebatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement