Rabu 20 Apr 2022 09:59 WIB

AS Batalkan Utang Student Loan 40 Ribu Mahasiswa

Pemerintah pun menawarkan kredit kepada 3,6 juta mahasiswa dalam melunasi pinjaman.

Rep: Dwina agustin/ Red: Friska Yolandha
Siswa berjalan kaki ke dan dari kelas di kampus Universitas Indiana, Kamis, 14 Oktober 2021, di Bloomington. Departemen Pendidikan Amerika Serikat (AS) telah membatalkan utang pinjaman mahasiswa atau student loan untuk 40.000 orang.
Foto: AP Photo/Darron Cummings
Siswa berjalan kaki ke dan dari kelas di kampus Universitas Indiana, Kamis, 14 Oktober 2021, di Bloomington. Departemen Pendidikan Amerika Serikat (AS) telah membatalkan utang pinjaman mahasiswa atau student loan untuk 40.000 orang.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Departemen Pendidikan Amerika Serikat (AS) telah membatalkan utang pinjaman mahasiswa atau student loan untuk 40.000 orang. Pemerintah pun menawarkan kredit kepada 3,6 juta lainnya dalam melunasi pinjaman yang dirancang membantu peminjam berpenghasilan rendah dan pegawai negeri pada Selasa (19/4/2022).

"Student loan tidak pernah dimaksudkan untuk menjadi hukuman seumur hidup, tetapi tentu saja dirasakan seperti itu bagi peminjam yang dikunci dari keringanan utang yang berhak mereka dapatkan," kata Menteri Pendidikan Miguel Cardona.

Baca Juga

Langkah-langkah tersebut menambah tindakan lain yang diambil oleh pemerintahan Presiden Joe Biden, termasuk jeda pada hampir semua pembayaran student loan. Dalam kampanye kepresidenannya pada 2020, Biden menyerukan pembatalan 10.000 dolar AS dalam utang pinjaman mahasiswa untuk setiap peminjam, komitmen ini akan menghasilkan lebih dari 400 miliar dolar AS. Sejak dia terpilih, Gedung Putih mengatakan Kongres harus mengambil tindakan untuk keringanan student loan yang lebih luas.

Pemerintah mengatakan sedang menangani kegagalan yang terus terjadi untuk mengkomunikasikan kepada peminjam semua manfaat yang berhak didapatkan dalam program student loan federal. Setidaknya 40.000 peminjam akan segera menerima pembatalan utang di bawah Program Pengampunan Pinjaman Layanan Publik (PSLF).

Beberapa ribu peminjam dengan pinjaman lama juga akan menerima pengampunan melalui pengampunan pembayaran berbasis pendapatan (IDR). Selain itu, Departemen Pendidikan  menyatakan, 3,6 juta peminjam lainnya akan menerima setidaknya tiga tahun kredit tambahan untuk pengampunan IDR.

Program-program tersebut membatasi jumlah peminjam berpenghasilan rendah yang harus membayar dan menghapus sisa saldo setelah beberapa tahun. Student loan dipandang sebagai hambatan ekonomi, membebani profesional muda selama bertahun-tahun setelah lulus, sementara ketersediaan pinjaman yang luas telah berkontribusi pada kenaikan biaya kuliah.

Menurut Education Data Initiative, sekitar 43,4 juta peminjam membawa sekitar 1,6 triliun dolar AS pinjaman mahasiswa dari Portofolio Pinjaman Federal, rata-rata masing-masing lebih dari 37.000 dolar AS. Pemerintahan Biden membatalkan lebih dari 17 miliar dolar AS utang untuk 725.000 peminjam pada tahun pertama menjabat, sementara memperpanjang jeda pembayaran pinjaman yang telah memberikan setidaknya bantuan sementara untuk 41 juta peminjam.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement