Sabtu 23 Apr 2022 07:49 WIB

Letusan Gunung Berapi Tonga, Letusan Eksplosif Terbesar Abad ke-21  

Letusan menghancurkan 90 persen pulau Hunga Tonga Ha’apai yang tidak berpenghuni

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Agung Sasongko
Letusan gunung berapi bawah laut yang kuat di Tonga pada hari Jumat 14 Januari 2022. Letusan terakhir gunung berapi Hunga Tonga-Hunga Haapai terjadi hanya beberapa jam setelah peringatan tsunami pada hari Jumat dicabut.
Foto:

Letusan pada Januari 2022, letusan Hunga Tonga-Hunga Ha’apai, menghancurkan 90 persen pulau Hunga Tonga Ha’apai yang tidak berpenghuni, yang dengan sendirinya baru muncul pada 2015 setelah letusan lain yang lebih kecil. Para ahli berpikir cara gunung berapi meledak langsung ke air laut daripada ke udara terbuka mungkin ada hubungannya dengan skala ledakan berikutnya, dan juga kekuatan dan jarak yang ditempuh dari tsunami berikutnya.

"Meskipun kekayaan data ilmiah berkualitas tinggi dan cepat tersedia yang belum pernah ada sebelumnya, parameter kuantitatif utama dari letusan gunung berapi Hunga Tonga, seperti ukurannya dibandingkan dengan letusan besar sebelumnya, tidak dapat diperkirakan dengan cepat dengan algoritma pemantauan 'standar'," tulis para peneliti dalam makalah mereka yang diterbitkan.

"Ini menekankan perlunya mengembangkan pendekatan baru untuk analisis observasi instrumental."

 

Para peneliti mengakui algoritme mereka merupakan “kerangka kerja sederhana” untuk saat ini dan yang dapat disempurnakan dalam banyak cara di masa depan. Namun, itu sudah dapat membuat perhitungan secara real time tanpa banyak usaha komputasi. Karena data tentang lebih banyak letusan dikumpulkan, algoritme dapat lebih ditingkatkan.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement