Jumat 29 Apr 2022 00:10 WIB

Biola Leonardo da Vinci akan Dilelang di Prancis

Biola Leonardo da Vinci akan dilelang bulan depan.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Leonardo Davinci
Foto: Youtube
Leonardo Davinci

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Instrumen berusia hampir tiga abad yang diklaim sebagai biola Leonardo da Vinci akan dilelang bulan depan. Rumah lelang Aguttes Prancis menyatakan, benda tersebut diprediksi akan terjual hingga 10 juta euro.

"Ada banyak biola, tapi yang ini seperti menjual Rembrandt, Goya atau bahkan lukisan Leonardo da Vinci," kata Sophie Perrine dari rumah lelang di dekat Paris.

Biola tersebut dibuat pada 1736 oleh luthier Italia yang dihormati Giuseppe Guarneri. Alat musik tersebut saat ini dimiliki oleh pemain biola Regis Pasquier dan suaranya telah menghiasi ruang konser di seluruh dunia.

Instrumen yang tersebut dari kayu maple ini adalah salah satu dari sekitar 150 biola dibuat oleh Guarneri. Kualitas dan umur panjang hasil karyanya  menyaingi Antonio Stradivari, meski dia jauh kurang produktif daripada rekan senegaranya itu.

Biola yang akan dilelang tersebut dibuat di puncak karir Guarneri dan dibeli lebih dari dua puluh tahun yang lalu oleh Pasquier. Perrine menyatakan, Pasquier yang mengadakan konser dengan biola tersebut keesokan hari usai membeli, bahkan tanpa berlatih.

"Baginya, instrumen ini sempurna," kata Perrine.

Pasquier telah memainkan biola da Vinci itu di tempat-tempat bergengsi termasuk Carnegie Hall di New York dan Opera Garnier di Paris.

Biola akan dilelang pada 3 Juni setelah pameran selama selama tiga hari. Perkiraan harga dasarnya adalah 4 hingga 4,5 juta euro, tetapi Perrine mengatakan, bisa menjual hingga 10 juta. "Keduanya adalah sesuatu yang sangat tua tetapi masih sangat terkini dan hidup," katanya.

"Dan benda kecil ini akan terus memungkinkan orang untuk mendengar suaranya yang luar biasa selama bertahun-tahun yang akan datang," ujar Pasquier.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement