Selasa 10 May 2022 09:14 WIB

Sejarah Hari Ini: Nelson Mandela Dilantik Sebagai Presiden Afrika Selatan

Nelson Mandela dilantik sebagai presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Esthi Maharani
Pada 10 Mei 1994, Nelson Rolihlahla Mandela dilantik sebagai presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan.
Foto:

Pada 1989, F.W. de Klerk menjadi presiden Afrika Selatan dan mulai membongkar apartheid. De Klerk mencabut larangan terhadap ANC, menunda eksekusi, dan pada 11 Februari 1990, memerintahkan pembebasan Nelson Mandela.

Mandela kemudian memimpin ANC dalam negosiasinya dengan pemerintah minoritas untuk mengakhiri apartheid dan pembentukan pemerintahan multiras. Pada 1993, Mandela dan de Klerk bersama-sama dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian.

Pada 26 April 1994, pemilihan umum bebas pertama di negara itu dimenangkan oleh Mandela dan ANC. Koalisi persatuan nasional dibentuk dengan Partai Nasional de Klerk dan Partai Kebebasan Inkatha Zulus. Pada 10 Mei pun Mandela dilantik dalam sebuah upacara yang dihadiri oleh banyak pejabat internasional.

Sebagai presiden, Mandela membentuk Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi untuk menyelidiki pelanggaran hak asasi manusia di bawah apartheid dan memperkenalkan berbagai inisiatif yang dirancang untuk meningkatkan standar hidup penduduk kulit hitam Afrika Selatan. Pada 1996, ia memimpin pemberlakuan konstitusi baru Afrika Selatan. Mandela pensiun dari politik pada Juni 1999 pada usia 80. Ia digantikan sebagai presiden oleh Thabo Mbeki dari ANC, tetapi tetap menjadi advokat global untuk perdamaian dan keadilan sosial hingga kematiannya pada Desember 2013.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement