Senin 16 May 2022 12:59 WIB

Taliban Larang Pria dan Wanita Makan Bersama di Restoran

Taliban telah menerapkan larangan bagi pria dan wanita makan bersama di restoran

Rep: Mabruroh/ Red: Agung Sasongko
 Warga Afganistan membawa persediaan makanan saat pendistribusian bantuan kemanusiaan untuk keluarga yang membutuhkan, di Kabul, Afganistan, Rabu, 16 Februari 2022. Afganistan telah mengalami transformasi dramatis dalam setengah tahun pemerintahan Taliban. Negara ini merasa lebih aman dan tidak terlalu keras dibandingkan dalam beberapa dasawarsa, tetapi juga lebih miskin karena ekonomi yang dulunya didorong oleh bantuan menuju keruntuhan.
Foto:

Direktur eksekutif Mina's List, Teresa Casale, sebuah kelompok kampanye yang mendukung wanita Afghanistan yang melarikan diri dari negara itu, mengecam langkah-langkah meresahkan yang diumumkan awal pekan ini.

"'Dekrit burqa' terbaru ini bukan hanya eskalasi dalam pelanggaran kebebasan bergerak dan pilihan wanita tentang cara berpakaian.”

“Ini membatasi setiap aspek kehidupan mereka dan memberikan tanggung jawab atas tindakan mereka kepada laki-laki dengan konsekuensi kriminal. Ini adalah deklarasi perang terhadap kemanusiaan dasar mereka.”

“Jika kita tidak bertindak dan menggunakan sisa pengaruh yang dipegang oleh komunitas internasional untuk mendorong kembali keputusan ini, kita akan terlibat dalam pembungkaman dan penghapusan perempuan dan anak perempuan di Afghanistan. Kami memiliki sesuatu dalam diri kami dan kami harus menggunakannya.”

Casale berpendapat bahwa Taliban kini telah mengungkapkan "niat sebenarnya" kepada dunia ketika dia memperingatkan kelompok itu telah memupuk "bentuk apartheid gender yang paling mengerikan".

“Dengan memberi laki-laki kekuasaan atas perempuan di setiap situasi di tempat kerja dan di rumah, di depan umum dan secara pribadi, ini adalah keadaan darurat hak-hak perempuan yang meluas ke luar Afghanistan. Apa yang ingin kami terima tanpa konsekuensi mengirimkan pesan ke dunia.”

Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa mengadakan pertemuan darurat pada Kamis lalu untuk membahas Taliban meningkatkan tindakan kerasnya terhadap hak-hak dan kebebasan perempuan.

Taliban telah meningkatkan pembatasan sejak merebut kekuasaan ibukota Afghanistan, Kabul, pada pertengahan Agustus ketika pasukan AS dan Inggris mundur.

 

Kelompok Islam garis keras, yang sebelumnya memerintah negara itu, juga telah melarang perempuan untuk tempat kerja dan mendapatkan pendidikan menengah, serta melarang mereka mengambil bagian dalam semua olahraga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement