Jumat 27 May 2022 21:55 WIB

Warga Shanghai Sukses Dapat Kelonggaran Pembatasan Usai Protes

Lebih dari 21 juta orang di Shanghai sekarang berada di zona pencegahan

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Dalam foto yang dirilis oleh Kantor Berita Xinhua, warga berbelanja di sebuah supermarket di Distrik Xuhui, Shanghai, Tiongkok timur, pada Senin, 16 Mei 2022.
Foto:

Insiden di Huixianju mendorong orang lain untuk angkat bicara. Dalam serangkaian video yang beredar minggu ini, sekitar dua lusin orang berbaris menuju Kantor Polisi Jalan Nanjing Barat, meneriakkan “Hormati hukum, kembalikan hidupku.”

Penduduk sebuah kompleks di distrik Jing'an melihat gerbang kompleks tetangga terbuka selama sebulan terakhir tetapi gerbang mereka tetap terkunci. Pada Rabu (25/5), sekitar dua lusin berkumpul di gerbang, memanggil untuk berbicara dengan perwakilan.

"Saya ingin memahami apa yang direncanakan oleh para pemimpin lingkungan?” seorang wanita bertanya dalam video kejadian itu.

Sedangkan perempuan lain menimpali "Apakah Anda membuat kemajuan?" Penduduk ketiga menunjukkan bahwa mereka seharusnya bebas sekarang, karena kompleks itu telah bebas dari kasus untuk sementara waktu.

"Bukankah mereka mengatakan di televisi bahwa segala sesuatunya terbuka? Kami melihatnya di televisi,” kata seorang pria yang lebih tua. Keesokan harinya, komunitas mengeluarkan tiket satu hari dengan penduduk diizinkan keluar selama dua jam pada Jumat (27/5), tanpa ada kabar tentang apa yang akan terjadi setelah itu.

Penguncian Shanghai juga telah mendorong perlawanan dari orang-orang yang menjalankan karantina dan pekerja yang diharuskan tidur di tempat kerjanya. Video di media sosial menunjukkan karyawan sebuah pabrik yang dioperasikan oleh Quanta Computer Inc. mencoba memaksa keluar dari fasilitas tersebut pada awal Mei.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement