Kamis 02 Jun 2022 11:18 WIB

PBB Daftarkan 'Turkiye' sebagai Nama Baru Gantikan ‘Turkey’

PBB menerima surat dari Menlu Turki Mevlut Cavusoglu untuk perubahan nama negara itu

Nama negara
Nama negara "Turkiye" menggantikan "Turkey" di PBB, menyusul permintaan Ankara untuk disebut demikian

REPUBLIKA.CO.ID., PBB -- Nama negara "Turkiye" menggantikan "Turkey" di PBB, menyusul permintaan Ankara untuk disebut demikian, menurut badan internasional itu pada Rabu (2/6/2022). Brand baru "Turkiye" sekarang mulai digunakan dalam bahasa asing.

Berbicara kepada Anadolu Agency, Juru Bicara PBB Stephane Dujarric mengatakan mereka menerima surat dari Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu yang ditujukan kepada Sekretaris Jenderal Antonio Guterres, meminta penggunaan "Turkiye" daripada "Turkey" di ranah internasional. Jubir sekjen PBB itu mengatakan perubahan nama negara itu berlaku efektif sejak surat itu diterima.

Cavusoglu mengumumkan pengajuan resmi surat itu kepada PBB dan organisasi internasional lainnya pada Selasa (31/5/2022).

"Bersama dengan Direktorat Komunikasi kami, kami telah berhasil mempersiapkan landasan yang baik untuk ini. Kami telah memungkinkan PBB dan organisasi internasional lainnya, negara-negara untuk melihat perubahan ini menggunakan brand 'Turkiye'," kata Cavusoglu di Meja Editorial Anadolu Agency di ibu kota Ankara.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/pbb-daftarkan-turkiye-sebagai-nama-baru-gantikan-turkey-/2603601
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement