Senin 06 Jun 2022 23:35 WIB

Rekor, Korut Uji Coba Delapan Rudal Balistik dalam Sehari

Korea Utara pecahkan rekor dalam satu hari meluncurkan delapan rudal balistik

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Militer Korea Selatan melaporkan Korea Utara melakukan uji coba peluncuran delapan rudal balistik jarak pendek dari berbagai lokasi menuju laut
Foto:

Pejabat Korea Selatan dan AS mengatakan, ada tanda-tanda bahwa Korea Utara juga melanjutkan persiapan di tempat uji coba nuklirnya di kota timur laut Punggye-ri. Uji coba nuklir Pyongyang berikutnya akan menjadi yang ketujuh sejak 2006 dan ertama sejak September 2017.

Negosiasi nuklir antara Washington dan Pyongyang telah terhenti sejak 2019 karena ketidaksepakatan dalam pertukaran pelepasan sanksi yang melumpuhkan langkah-langkah perlucutan senjata. Meskipun kesengsaraan ekonomi semakin dalam, Kim tidak menunjukkan kesediaan untuk sepenuhnya menyerahkan persenjataan dan berusaha mengubah pembicaraan denuklirisasi yang tidak aktif menjadi negosiasi pengurangan senjata bersama dengan AS.

AS juga telah berjanji untuk mendorong sanksi internasional tambahan jika Korea Utara melakukan uji coba nuklir baru. Hanya saja prospek untuk tindakan Dewan Keamanan PBB lebih lanjut tampak redup.

Rusia dan Cina memveto resolusi yang disponsori AS yang akan memberlakukan sanksi tambahan terhadap Korea Utara atas uji balistik terbarunya pada 25 Mei. Menurut militer Korea Selatan, uji coba itu melibatkan rudal balistik antarbenua yang diterbangkan pada lintasan jarak menengah dan dua senjata jarak pendek.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement