Senin 13 Jun 2022 18:11 WIB

Michelle Bachelet tak akan Lanjutkan Masa Jabatan Kedua

Sejumlah diplomat berharap Bachelet bertahan sampai masa jabatannya selesai tahun ini

Rep: Lintar Satria/ Red: Friska Yolandha
Kepala Dewan Hak Asasi Manusia (HAM) PBB Michelle Bachelet tidak akan maju untuk masa jabatan kedua.
Foto: Salvatore Di Nolfi/Keystone via AP
Kepala Dewan Hak Asasi Manusia (HAM) PBB Michelle Bachelet tidak akan maju untuk masa jabatan kedua.

REPUBLIKA.CO.ID, JENEWA -- Kepala Dewan Hak Asasi Manusia (HAM) PBB Michelle Bachelet tidak akan maju untuk masa jabatan kedua. Pengumuman ini disampaikan di tengah pidato di Dewan HAM di Jenewa.

Organisasi advokasi HAM dan sejumlah negara Barat termasuk Amerika Serikat (AS) mengkritik kunjungan Bachelet ke China bulan lalu. Menurut mereka kondisi yang diberlakukan pemerintah China tidak memungkinkan asesmen pada lingkungan hak asasi dilakukan dengan lengkap dan independen.

Baca Juga

"Karena masa jabatan saya sebagai Komisioner Tinggi sebentar lagi, sesi kelimapuluh Dewan yang bersejarah ini akan menjadi yang terakhir saya pemimpin," katanya, Senin (13/6/2022).

Sejumlah diplomat mengatakan mereka berharap Bachelet yang merupakan mantan Presiden Chile dan dekat dengan Sekretaris Jenderal Antonio Guterres tetap bertahan sampai masa jabatannya selesai tahun ini. Terdengar gumaman ketika ia mengumumkan ini.

Dalam pidato yang sama ia mengatakan kantornya mengerjakan asesmen terbaru pada situasi hak asasi di Xinjiang, China. Di mana terdapat laporan pelanggaran hak asasi manusia terhadap masyarakat minoritas muslim Uighur. China membantah semua tuduhan pelanggaran di Xinjiang.

"Itu akan dibagikan pada pemerintah-pemerintah untuk komentar faktual sebelum dipublikasikan," katanya.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement