Kamis 16 Jun 2022 09:57 WIB

AS Tambah Bantuan Militer 1 Miliar Dolar untuk Ukraina

AS menyediakan senjata jarak jauh yang diprediksi dapat membuat perbedaan

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Anggota Pasukan Pertahanan Teritorial Ukraina berlatih menggunakan senjata anti-tank NLAW di pinggiran Kyiv, Ukraina, Rabu, 9 Maret 2022. Pihak berwenang mengumumkan gencatan senjata baru pada hari Rabu untuk memungkinkan warga sipil melarikan diri dari kota-kota di sekitar ibu kota, Kyiv, serta kota-kota selatan Mariupol, Enerhodar dan Volnovakha, Izyum di timur dan Sumy di timur laut. Upaya sebelumnya untuk membangun koridor evakuasi yang aman sebagian besar gagal karena serangan oleh pasukan Rusia.
Foto: AP/Efrem Lukatsky
Anggota Pasukan Pertahanan Teritorial Ukraina berlatih menggunakan senjata anti-tank NLAW di pinggiran Kyiv, Ukraina, Rabu, 9 Maret 2022. Pihak berwenang mengumumkan gencatan senjata baru pada hari Rabu untuk memungkinkan warga sipil melarikan diri dari kota-kota di sekitar ibu kota, Kyiv, serta kota-kota selatan Mariupol, Enerhodar dan Volnovakha, Izyum di timur dan Sumy di timur laut. Upaya sebelumnya untuk membangun koridor evakuasi yang aman sebagian besar gagal karena serangan oleh pasukan Rusia.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Amerika Serikat (AS) mengumumkan akan mengirimkan bantuan militer tambahan senilai satu miliar dolar AS ke Ukraina. Washington dan sekutu menyediakan senjata jarak jauh yang diprediksi dapat membuat perbedaan dalam pertempuran ketika pasukan Ukraina kalah jumlah dan kalah senjata dari Rusia.

Presiden AS Joe Biden dan para pemimpin keamanan nasionalnya mengatakan pada Rabu (15/6/2022), bahwa AS bergerak secepat mungkin mendapatkan senjata penting untuk pertempuran. Paket terbaru yang akan diberikan termasuk peluncur rudal anti-kapal, howitzer, dan lebih banyak peluru untuk Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) yang sedang dilatih pasukan AS untuk pasukan Ukraina saat ini.

Semua itu adalah sistem senjata utama yang diminta segera oleh para pemimpin Ukraina saat bertempur untuk menghentikan langkah Rusia menaklukkan wilayah Donbas timur. Bantuan tersebut merupakan satu tahap terbesar senjata dan peralatan sejak perang dimulai. Biden sebelumnya berbicara melalui telepon dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy selama sekitar 40 menit pada Rabu.

Biden mengatakan, Washington akan mengirimkan 225 juta dolar AS lebih dalam bantuan kemanusiaan untuk menyediakan air minum yang aman, persediaan medis, makanan, perawatan kesehatan, tempat tinggal dan uang untuk pembelian barang-barang penting bagi warga Ukraina. Menurut Biden, AS tetap berkomitmen untuk mendukung rakyat Ukraina yang hidupnya telah terkoyak oleh perang tersebut.

“Jendral Milley dan saya telah beberapa kali bertengkar. Dan ketika Anda bertarung, Anda tidak akan pernah merasa cukup,” kata Menteri Pertahanan Lloyd Austin merujuk pada ketua Kepala Staf Gabungan Jenderal Mark Milley.

"Saya tentu mengerti dari mana asal Ukraina, dan kami akan berjuang keras untuk memberi mereka semua yang mereka butuhkan," katanya.

Milley mengatakan, sistem HIMARS dan anti-kapal adalah jenis kemampuan jarak jauh yang dari waktu ke waktu dapat membuat perbedaan dalam pertarungan. Dia mengatakan Ukraina akan melatih kru HIMARS dalam pertarungan dalam beberapa minggu.

"Jika mereka menggunakan senjata dengan benar dan digunakan dengan benar, mereka seharusnya bisa mengalahkan sejumlah besar target dan itu akan membuat perbedaan,” kata Milley.

Tapi Milley juga mencatat bahwa angka-angka itu jelas menguntungkan Rusia. "Dalam hal artileri, jumlah mereka lebih banyak, senjata mereka lebih banyak dan jangkauannya lebih jauh dari pasukan Ukraina," ujarnya.

Bantuan terbaru AS datang ketika Austin mengadakan pertemuan di Brussel yang dihadiri lebih dari 45 negara untuk membahas dukungan bagi Ukraina. Pada awal pertemuan, dia memperingatkan bahwa Barat harus meningkatkan pengiriman senjata ke Ukraina.

Barat pun harus membuktikan komitmennya untuk membantu pertempuran militer Ukraina di sepanjang garis depan 1.000 kilometer dalam perang gesekan dengan Rusia. Austin mengatakan kepada negara-negara yang berpartisipasi, tidak boleh menyerah dan tidak boleh kehilangan tenaga karena taruhannya terlalu besar.

Secara keseluruhan, sejak perang dimulai pada akhir Februari, AS telah memberikan sekitar 5,6 miliar dolar AS bantuan keamanan ke Ukraina, termasuk paket terbaru ini. Para pejabat mengatakan, sekitar sepertiga dari satu miliar dolar AS bantuan terbaru itu akan berasal dari otoritas penarikan presiden. Artinya Pentagon akan mengambil senjata dan peralatan dari stoknya sendiri dan mengirimkannya ke Ukraina. Sedangkan dua pertiga sisanya adalah peralatan dan senjata yang dibeli dari industri oleh AS dan kemudian ditransfer ke Ukraina.

Meski telah mendapatkan bantuan senjata dari berbagai pihak, Zelenskyy masih terus memohon pengiriman senjata Barat yang lebih banyak dan lebih cepat. Dia menekankan kebutuhan kepada sistem pertahanan anti-rudal.

"Sekutu berkomitmen untuk terus menyediakan peralatan militer yang dibutuhkan Ukraina untuk menang, termasuk senjata berat dan sistem jarak jauh,” kata Sekretaris Jenderal organisasi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) Jens Stoltenberg.

Para menteri pertahanan juga berencana untuk membahas langkah-langkah untuk meningkatkan kekuatan di sepanjang sayap timur NATO sendiri dan di tempat lain. "Ini berarti lebih banyak kehadiran, lebih banyak kemampuan, dan kesiapan yang lebih tinggi, dengan lebih banyak formasi tempur yang dikerahkan ke depan NATO untuk memperkuat kelompok tempur kami di Timur, lebih banyak pertahanan udara, laut dan dunia maya, peralatan yang telah ditempatkan sebelumnya dan persediaan senjata,” kata Stoltenberg.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement