Kamis 23 Jun 2022 22:15 WIB

Rencana Kunjungan Jokowi ke Kiev dan Moskow Penuh Tantangan

Jadwal pasti keberangkatan Jokowi ke Kiev dan Moskow belum diinformasikan

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Esthi Maharani
Jokowi bertemu Putin
Foto:

Sebelumnya, pada Rabu (22/6/2022), Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi mengatakan, bahwa seusai menghadiri KTT G7 di Jerman, Jokowi berencana untuk mengunjungi Kiev dan Moskow. Jokowi akan menjadi pemimpin negara Asia pertama yang mengunjungi kedua negara yang tengah berseteru itu.

Retno mengatakan, perang yang berkelanjutan akan memberikan dampak bagi kemanusiaan termasuk munculnya krisis pangan, energi dan keuangan. Tiga krisis ini harus segera ditangani oleh negara dunia agar krisis tidak terus memburuk.

"Memburuknya krisis pangan, energi dan keuangan dapat dipastikan akan sangat berdampak bagi negara berkembang dan negara berpendapatan rendah," ujar Menlu Retno dalam konferensi pers secara virtual, Rabu.

Meskipun situasinya sulit dan masalahnya kompleks, sebagai presiden G20 dan salah satu anggota Global Crisis Response Group yang dibentuk Sekjen PBB, Presiden Jokowi memilih untuk mencoba berkontribusi, tidak memilih untuk diam.

"Rencana kunjungan Presiden Jokowi ini menunjukkan kepedulian terhadap isu kemanusiaan yang terjadi, mencoba memberikan kontribusi untuk menangani krisis pangan yang diakibatkan karena perang dan dampaknya dirasakan oleh semua negara terutama negara berkembang dan negara dengan penghasilan rendah," kata Retno.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement