Jumat 24 Jun 2022 22:11 WIB

Senator Nigeria dan Istri Didakwa Kasus Perdagangan Organ Tubuh

Senator itu disebut bawa anak usia 15 tahun ke Inggris untuk diambil organnya.

Rep: Lintar Satria/ Red: Teguh Firmansyah
Police line
Foto: Wikipedia
Police line

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Seorang senator Nigeria dan istrinya ditahan di London atas dakwaan berencana mengambil organ tubuh dari seorang anak berusia 15 tahun yang mereka bawa ke Inggris. Pasangan itu diketahui adalah Ike Ekweremadu (60) dan Beatrice Nwanneka Ekweremadu (55).

Pada Jumat (24/6) media Inggris BBC dan polisi mengatakan mereka didakwa atas konspirasi membawa orang lain untuk dieksploitasi. Polisi mengatakan caranya dengan mengambil organnya.

Baca Juga

Ekweremadu merupakan senator dari partai oposisi di Negara Bagian Unugu. Ia juga pernah menjabat sebagai deputi kepala senat.

Polisi mengatakan mereka mendapat laporan mengenai rencana itu setelah undang-undang perbudakan modern memungkinkan laporan kasus ini. Anak yang terlibat sudah dibawa ke tempat anak dan mendapat bantuan tambahan.

BBC melaporkan pasangan itu dibawa ke Pengadilan Uxbridge di London. Pengadilan mengatakan anak yang terlibat berusia 15 tahun.

BBC menambahkan di persidangan jaksa mengatakan karena masalah yurisdiksi dibutuhkan persetujuan Jaksa Agung untuk memproses kasus ini. Pasangan itu tetap ditahan sampai pengadilan selanjutnya pada 7 Juli mendatang.

Ekweremadu maupun istrinya tidak dapat dimintai komentar.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement