Kamis 30 Jun 2022 19:55 WIB

Presiden Xi Jinping Tiba di Hong Kong

Xi Jinping menghadiri peringatan 25 tahun kembalinya Hong Kong ke China

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Presiden China Xi Jinping tiba di Hong Kong untuk menghadiri peringatan 25 tahun kembalinya negara bekas jajahan Inggris itu ke pemerintahan China.
Foto:

Sebuah laporan berita oleh Hong Kong Economic Journal mengatakan, setidaknya tiga jurnalis lain dari outlet berita lokal menerima pemberitahuan pada Rabu (29/6/2022) bahwa, aplikasi mereka untuk meliput peringatan tersebut telah ditolak.

Meskipun menerima persetujuan yang memiliki instruksi untuk check-in ke hotel karantina, beberapa jurnalis menerima pemberitahuan penolakan pada hari Rabu saat dalam perjalanan ke hotel. Sementara yang lain menerima pemberitahuan bahwa mereka dilarang meliput acara tersebut pada saat kedatangan.

Pihak berwenang telah meminta media mengajukan hingga 20 aplikasi untuk meliput acara tersebut. Tetapi pihak berwenang kemudian menetapkan bahwa, hanya satu jurnalis dari setiap media yang dapat meliput masing-masing dua peristiwa. Peringatan tersebut terdiri dari dua acara yaitu upacara kenegaraan dan pelantikan pemimpin baru Hong Kong.

Reuters telah mengajukan dua nama jurnalis untuk meliput acara tersebut, namun ditolak. Organisasi media yang terkena dampak diminta mengirim jurnalis lain untuk meliput acara tersebut, tetapi penggantinya juga harus memenuhi persyaratan karantina dan pengujian. Departemen Layanan Informasi menolak memberikan informasi tentang berapa banyak jurnalis yang diberikan akreditasi.

“Pemerintah berusaha menyeimbangkan sejauh mungkin antara kebutuhan pekerjaan media dan persyaratan keamanan. Kami tidak akan mengomentari hasil akreditasi organisasi dan individu individu," kata Departemen Layanan Informasi dalam sebuah pernyataan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement