Jumat 01 Jul 2022 09:34 WIB

Korsel Bantah Covid-19 Masuk Korut Lewat Bingkisan Aktivis

Korut menuduh benda asing dari Korsel sebagai pembawa wabah Covid-19.

Rep: Lintar Satria/ Red: Friska Yolandha
Sebuah kendaraan militer Korea Selatan melewati pagar kawat berduri di Paju, dekat perbatasan dengan Korea Utara, Korea Selatan, Rabu, 5 Januari 2022. Kementerian Unifikasi Korea Selatan (Korsel) mengatakan
Foto:

"Hasil penyelidikan menunjukkan beberapa orang yang datang dari daerah Ipho-ri di Kabupaten Kumgang, Provinsi Kangwon ke ibukota pada pertengahan April mengalami demam dan kasus demam meningkat drastis di antara kontak mereka," kata kantor berita pemerintah Korut itu.

KCNA mengatakan kasus demam yang dilaporkan di Korut hingga pertengahan April disebabkan penyakit yang lain. Tapi mereka tidak menjelaskannya.

Selama puluhan tahun aktivis dan pembelot Korut di Korsel mengirimkan balon-balon yang membawa pamflet dan bantuan kemanusiaan di sepanjang perbatasan. Pemerintah mantan Presiden Moon Jae-in melarang kampanye itu pada 2020 lalu.

 

Alasannya demi keselamatan warga di perbatasan tapi para aktivis menyebut larangan itu untuk menutupi kebobrokan Pyongyang. Serta upaya membungkam kritik di tengah upaya meningkatkan hubungan antar perbatasan.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement