Sabtu 02 Jul 2022 21:24 WIB

Warga Afsel Alami Pemadaman Listrik Bergilir

Pemadaman listrik bergilir telah dialami selama bertahun-tahun.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Agung Sasongko
Bendera Afrika Selatan
Foto:

"Eskom memberi tahu kami pada akhir tahun lalu bahwa ada kekurangan daya kronis ... Artinya, sampai kami memiliki sejumlah besar pembangkit tambahan di jaringan, kami akan terus menghadapi risiko pelepasan beban di tahap apapun. Pertanyaannya kemudian adalah seberapa buruk pelepasan beban itu?" katanya.

Trillip menyayangkan dampak pemadaman listrik terhadap perekonomian. "Konsekuensi ekonomi yang paling langsung adalah ketika bisnis harus menghentikan produksi karena tidak memiliki listrik … apakah Anda memiliki pabrik, agen perjalanan, atau Anda memiliki toko," kata Trollip.

Trollip mengatakan, usaha kecil di kota-kota, pinggiran kota, dan daerah pedesaan di negara itu termasuk yang paling terpukul oleh efek pemadaman bergilir. "Setiap kali kegiatan ekonomi terganggu karena tidak ada listrik, itu adalah biaya langsung bagi perekonomian," ujarnya.

Pemadaman listrik merugikan Afrika Selatan lebih dari 40 juta dolar AS per hari dan menghalangi investasi. Ekonomi negara yang paling maju di Afrika ini sudah dalam resesi dan menderita tingkat pengangguran 35 persen.

Buhle Ndlovu yang merupakan seorang guru di sebuah sekolah TK di Soweto kota terbesar di Johannesburg mengatakan, pemadaman listrik meningkatkan biayanya untuk menjalankan sekolah. "Kami melayani sekitar 40 anak di sini. Kami perlu memberi mereka makanan sehat setiap hari,” kata Ndlovu.

"Dengan tarif yang kami kenakan, kami tidak mampu menanggung biaya tambahan untuk membeli gas agar kami bisa memasak. Pemindahan muatan benar-benar mempersulit kami," katanya,

Terlebih lagi, menurut Ndlovu, mengawasi anak-anak dengan cahaya lilin adalah sebuah tantangan. Mereka harus menunggu sampai orang tua datang menjemput anak-anak setelah gelap.

Beberapa toko mencoba mencari celah dari pemadaman listrik berkepanjangan itu. Pusat Tenaga Uri memilih untuk melakukan penjualan generator listrik, baterai, dan sistem cadangan lainnya.

"Saya pikir orang-orang harus benar-benar mengurangi ketergantungan pada Eskom. Saya tidak percaya bahwa situasi listrik akan teratasi dengan sendirinya dalam waktu dekat, " kata pemilik Adam Zimmerman di tokonya di daerah Randburg.

"Kita semua menyadari masalah Eskom dan orang-orang memiliki berbagai pilihan apakah akan berinvestasi di generator untuk menjalankan bisnis atau rumah mereka," ujarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement