Sabtu 09 Jul 2022 00:50 WIB

Biden Bersedia Kerja Sama dengan Kongres terkait Penjualan F-16 ke Türki

Pemerintah AS mendukung modernisasi armada jet Turki

Presiden AS Joe Biden bersedia bekerja sama dengan Kongres dalam pembaruan dan modernisasi armada jet tempur F-16 Türki
Presiden AS Joe Biden bersedia bekerja sama dengan Kongres dalam pembaruan dan modernisasi armada jet tempur F-16 Türki

REPUBLIKA.CO.ID., WASHINGTON -- Presiden AS Joe Biden bersedia bekerja sama dengan Kongres dalam pembaruan dan modernisasi armada jet tempur F-16 Türki, kata seorang pejabat Departemen Luar Negeri, pada Kamis (7/7/2022).

"Jadi masalah F-16 sudah lama ada di sana. Dan saya pikir pemerintah telah menyatakan posisinya tentang ini, bahwa pemerintah mendukung modernisasi Turki," kata Wakil Asisten Menteri Luar Negeri untuk Urusan Eropa dan Eurasia Doug Jones.

"Presiden juga telah menjelaskan bahwa dia perlu mendukung Kongres untuk melakukan ini juga. Jadi para pemimpin telah membicarakan hal ini, tetapi posisi pemerintahan tetap seperti sebelumnya, sebelum pertemuan puncak untuk mendukung penjualan ini, dan menyatakan kesediaan untuk bekerja dengan Kongres," tambah Jones pada konferensi pers di Pusat Pers Asing pada KTT NATO pekan lalu di Madrid.

Pemerintah Turki meminta F-16 dan kit modernisasi pada Oktober 2021. Kesepakatan senilai 6 miliar dolar AS akan mencakup penjualan 40 jet tempur F-16 yang baru dibangun dan kit modernisasi untuk 80 model F-16 C/D yang dimiliki Angkatan Udara Turki. 

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/biden-bersedia-kerjasama-dengan-kongres-terkait-penjualan-f-16-ke-turki/2632833
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement