Sabtu 09 Jul 2022 15:02 WIB

Xi Jinping Sebut Abe Berkontribusi Tingkatkan Hubungan China-Jepang

Presiden China Xi Jinping menganggap Shinzo Abe tingkatkan hubungan China-Jepang

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Presiden China Xi Jinping menganggap Shinzo Abe semasa menjabat perdana menteri Jepang turut berkontribusi dalam peningkatan hubungan kedua negara. Ilustrasi.
Foto: EPA-EFE/FRANCK ROBICHON
Presiden China Xi Jinping menganggap Shinzo Abe semasa menjabat perdana menteri Jepang turut berkontribusi dalam peningkatan hubungan kedua negara. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING - Presiden China Xi Jinping menganggap Shinzo Abe semasa menjabat perdana menteri Jepang turut berkontribusi dalam peningkatan hubungan kedua negara. Mantan perdana menteri Shinzo Abe telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan hubungan China-Jepang saat dia masih menjabat dan kontribusinya sangat positif.

Pernyataan ini diungkapkan Xi dalam pernyataan tertulis yang diterima Antara di Beijing dari Kementerian Luar Negeri China (MFA), Sabtu (9/7/2022). Pemimpin tertinggi Partai Komunis China (CPC) itu menyampaikan duka cita yang mendalam atas kematian Abe kepada PM Jepang Fumio Kishida pada Sabtu. Atas nama pemerintah dan rakyat China serta pribadi, Xi menyampaikan simpati kepada keluarga Abe yang ditinggalkan.

Baca Juga

Xi juga merasa kehilangan Abe yang meninggal setelah ditembak di Kota Nara, Jepang, Jumat (8/7/2022). Ia berjanji akan terus meningkatkan hubungan dan kerja sama dengan PM Kishida sesuai dengan prinsip-prinsip yang tertuang dalam dokumen politik China-Jepang. Istri Xi, Peng Liyuan, juga mengirimkan ucapan duka cita kepada janda mendiang Abe, Akie Abe.

Hubungan China dan Jepang mengalami pasang-surut. Setahun setelah mengundurkan diri dari jabatannya, Abe kerap kali mengeluarkan pernyataan yang mendukung Taiwan hingga membuat China berang.

Rakyat China juga belum bisa melupakan tragedi pembantaian dan pemerkosaan di Nanjing, Provinsi Jiangsu, yang terjadi pada 13 Desember 1937 hingga Januari 1938. Ratusan ribu warga China tewas dalam tragedi kemanusiaan terburuk di China itu.

Namun hubungan dagang dan ekonomi China-Jepang terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Tahun ini merupakan peringatan 50 tahun normalisasi hubungan diplomatik China-Jepang.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement