Selasa 12 Jul 2022 19:01 WIB

Putin Bertemu Erdogan dan Raisi Bahas Suriah

Kunjungan ke Teheran akan menjadi perjalanan luar negeri kedua Putin sejak invasi.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Friska Yolandha
Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri pertemuan dengan Gubernur Wilayah Moskow Andrei Vorobyov di Kremlin di Moskow, Rusia, Senin, 11 Juli 2022.
Foto: Mikhail Klimentyev, Sputnik, Kremlin Pool Pho
Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri pertemuan dengan Gubernur Wilayah Moskow Andrei Vorobyov di Kremlin di Moskow, Rusia, Senin, 11 Juli 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Presiden Rusia Vladimir Putin akan bertemu Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Iran Ebrahim Raisi pada 19 Juli. Istana Kremlin menyatakan, pertemuan ini akan membahas persoalan Suriah selama kunjungan ke Teheran.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan, tiga pemimpin akan mengadakan pertemuan trilateral. Mereka adalah penjamin proses Astana yang dirancang untuk menemukan penyelesaian damai di Suriah.

Baca Juga

Kunjungan ke Teheran akan menjadi perjalanan luar negeri kedua Putin sejak dimulainya intervensi bersenjata Moskow di Ukraina pada 24 Februari. Sebelumnya presiden Rusia ini melakukan perjalanan ke Asia Tengah pada akhir Juni.

Rusia dan Iran adalah pendukung militer dan politik utama Presiden Suriah Bashar al-Assad. Sementara Turki telah memberikan bantuan militer kepada Tentara Pembebasan Suriah dan kelompok pemberontak lainnya yang masih berperang melawan pasukan Assad di barat laut Suriah.

Istana Kremlin mengatakan pada Senin (11/7/2022), Putin dan Erdogan akan mengadakan pembicaraan langsung segera setelah percakapan telepon yang membahas upaya untuk memfasilitasi ekspor gandum dari Ukraina. Teheran telah menjadi pihak yang menengahi perselisihan antara Moskow dan Kiev. 

sumber : Reuters

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement