Senin 18 Jul 2022 10:15 WIB

Rusia: Tak Diakuinya Krimea oleh NATO Jadi Ancaman Sistemik

Penolakan pengakuan Krimea merupakan ancaman langsung dan eksplisit.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Friska Yolandha
Seorang pelaut Rusia memberi hormat di haluan Kapal Penjelajah Rudal Moskva, kiri, saat awak kapal patroli Rusia Pitliviy, kanan, bersiap untuk menambatkan kapal, di Sevastopol, Krimea, 30 Maret 2014.
Foto: AP Photo/Pavel Golovkin
Seorang pelaut Rusia memberi hormat di haluan Kapal Penjelajah Rudal Moskva, kiri, saat awak kapal patroli Rusia Pitliviy, kanan, bersiap untuk menambatkan kapal, di Sevastopol, Krimea, 30 Maret 2014.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Wakil Ketua Dewan Keamanan Rusia Dmitry Medvedev mengatakan, keengganan Ukraina dan Organisasi Pertahanan Atlantik Utara (NATO) mengakui Krimea sebagai bagian dari negaranya menjadi ancaman sistemik bagi Rusia. Moskow diketahui telah mencaplok Krimea dari Ukraina pada 2014. 

"Jika negara lain, baik itu Ukraina atau negara NATO, percaya bahwa Krimea bukan Rusia, maka ini adalah ancaman sistemik bagi kita," kata Medvedev saat berpidato di hadapan veteran Perang Dunia II, Ahad (17/7/2022). 

Baca Juga

Menurut mantan presiden Rusia itu, penolakan pengakuan tersebut merupakan ancaman langsung dan eksplisit. "Terutama mengingat apa yang terjadi di Krimea. Krimea kembali ke Rusia," ujar Medvedev. 

Komentar Medvedev muncul sehari setelah seorang pejabat di intelijen militer Ukraina, Vadym Skibitskyi, mengatakan, Krimea dapat menjadi sasaran rudal HIMARS, yakni rudal buatan Amerika Serikat (AS) yang dikerahkan Washington untuk membantu Kiev. Skibitskyi menjelaskan, Rusia telah meluncurkan serangan ke Ukraina dari Krimea dan Laut Hitam. 

Oleh sebab itu, menurut Skibitskyi, Krimea dibenarkan untuk menjadi target serangan balik. Krimea memiliki nilai strategis bagi Rusia. Rusia membangun markas besar armada Laut Hitam-nya di Sevastopol. Isu Krimea turut berperan dalam pecahnya perang Rusia-Ukraina.

Presiden Rusia Vladimir Putin sempat menyinggung tentang keinginan Ukraina bergabung dengan NATO. Menurutnya, jika hal itu terjadi, Kiev pasti ingin merebut kembali Krimea dari Rusia. Namun Putin menegaskan tidak akan melepaskan Krimea. Dengan situasi demikian, Putin menilai perang tidak akan terhindarkan.

Sebelum melancarkan serangan ke Ukraina pada 24 Februari lalu, Putin pernah mengakui bahwa Rusia, secara kekuatan militer, kalah dengan NATO. Kendati demikian, Putin mengingatkan, Rusia merupakan salah satu kekuatan nuklir terbesar di dunia. Dalam pandangan Putin, jika Rusia dan NATO berperang, tidak akan ada pemenang dalam pertempuran tersebut. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement