Jumat 22 Jul 2022 06:31 WIB

Jaket Misi Apollo 11 Milik Astronot Buzz Aldrin akan Dilelang

Pelelangan 'Buzz Aldrin: American Icon' akan berlangsung pada 26 Juli 2022.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nidia Zuraya
Perjalanan bulan Buzz Aldrin selama pendaratan berawak pertama di bulan pada Juli 1969.
Foto: nasa
Perjalanan bulan Buzz Aldrin selama pendaratan berawak pertama di bulan pada Juli 1969.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK - - Rumah lelang Sotheby's New York akan melelang koleksi pribadi astronot Amerika Buzz Aldrin pada minggu depan. Beberala item langka akan muncul, termasuk jaket dalam penerbangan misi pendaratan Apollo 11 di Bulan 1969. 

"Ini adalah hal yang sangat langka," kata Kepala Ilmu Pengetahuan dan Budaya Populer Global Sotheby Cassandra Hatton. 

Baca Juga

Pelelangan 'Buzz Aldrin: American Icon' akan berlangsung pada 26 Juli 2022. Jaket tersebut memiliki perkiraan penjualan sekitar satu juta hingga dua juta dolar AS.  Hatton menyatakan, bahwa jaket Aldrini adalah satu-satunya pakaian terbang dari misi Apollo 11 yang tersedia untuk dibeli oleh publik. 

Selain jaket, benda terbaik lainnya adalah pena yang digunakan kru Apollo 11 untuk memperbaiki sakelar pemutus sirkuit yang rusak untuk menyelamatkan nyawa mereka. Perkiraan penjual benda ini mencapai satu juta hingga dua juta dolar AS juga.

Koleksi yang dilelang juga mencakup penghargaan, medali, dan surat dari kehidupan astronot. "Saya dapat mengatakan tanpa ragu bahwa ini adalah penjualan eksplorasi ruang angkasa terbaik yang pernah terjadi, dan tidak akan ada lagi yang lebih baik dari ini," kata Hatton.

Pelelangan terpisah akan menyusul pada 27 Juli, berjudul "Meteorites: Select Specimens from the Moon, Mars, Vesta and More".  Penjualan itu akan menampilkan bagian akhir dari meteorit bulan, menurut Sotheby's adalah bagian terbesar kedua dari Bulan di Bumi.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement