Ahad 24 Jul 2022 17:43 WIB

Biden Umumkan Bantuan Militer Baru untuk Ukraina

Pentagon mempertimbangkan menyediakan jet tempur AS ke Ukraina

Red: Nur Aini
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada Jumat (22/7/2022) menandatangani paket bantuan militer senilai 270 juta dolar untuk Ukraina ketika Departemen Pertahanan-nya mempertimbangkan untuk menyediakan jet tempur AS kepada Kyiv.
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada Jumat (22/7/2022) menandatangani paket bantuan militer senilai 270 juta dolar untuk Ukraina ketika Departemen Pertahanan-nya mempertimbangkan untuk menyediakan jet tempur AS kepada Kyiv.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada Jumat (22/7/2022) menandatangani paket bantuan militer senilai 270 juta dolar untuk Ukraina ketika Departemen Pertahanan-nya mempertimbangkan untuk menyediakan jet tempur AS kepada Kyiv.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS John Kirby mengurangi ekspektasi bahwa Pentagon mencapai keputusan tentang pesawat dalam waktu dekat, dan menekankan bahwa diskusi saat ini dalam fase "pendahuluan".

Baca Juga

“Ini tidak akan menjadi sesuatu yang akan dapat mereka lakukan dengan segera, atau bahkan dalam jangka pendek, karena mengintegrasikan dan mengoperasikan segala jenis pesawat, terutama pesawat tempur canggih, dengan sensor dan sistem yang kompleks, dan kemampuan senjata, itu usaha yang sulit," kata dia kepada wartawan.

“Ada beberapa pertimbangan eksplorasi, dan Anda harus memikirkan hal-hal seperti pelatihan, pemeliharaan, yang akan dibutuhkan pesawat ini,” kata Kirby, menekankan bahwa Pentagon sedang mempertimbangkan penyediaan pesawat AS, bukan bekas jet Soviet.

Komentar itu muncul ketika Biden menandatangani sekitar 270 juta dolar AS dalam bantuan militer baru kepada Ukraina untuk mempertahankan upayanya memerangi Rusia yang secara paksa merebut sebagian besar negara Eropa timur itu. Paket tersebut mencakup sekitar 100 juta dolar AS untuk 580 drone Phoenix Ghost baru, drone bunuh diri yang dikembangkan secara internal oleh Angkatan Udara, dan sekitar 170 juta dolar AS, yang merupakan transfer peralatan yang ada dari stok AS.

Itu termasuk empat Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) jarak jauh baru, yang telah digunakan militer Ukraina untuk menyerang jaringan pasokan Rusia dan pusat komando dan kendali di Ukraina timur dan selatan.

Sekitar 36.000 peluru artileri juga dikirim ke Ukraina untuk mempersenjatai sistem Howitzer yang dipasok sebelumnya, dan AS mengirimkan sistem anti-armor tambahan. AS kini telah memberi Ukraina bantuan lebih dari 8,2 miliar dolar AS sejak Biden menjabat, menurut Gedung Putih.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/biden-umumkan-bantuan-militer-baru-usd270-juta-untuk-ukraina/2643869

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement