Rabu 03 Aug 2022 03:15 WIB

Udara Terus Memanas Buat Kelahiran Penyu Florida Mayoritas Betina

Suhu pasir menentukan jenis kelamin tukik atau anak penyu

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Penyu belimbing tertangkap kamera sedang bertelur di siang hari di Canaveral National Seashore, Florida, AS, Selasa (5/5).
Foto: florida today
Penyu belimbing tertangkap kamera sedang bertelur di siang hari di Canaveral National Seashore, Florida, AS, Selasa (5/5).

REPUBLIKA.CO.ID, MARATHON -- Penyu Florida bergulat dengan ketidakseimbangan gender yang diperburuk oleh perubahan iklim. Gelombang panas baru-baru ini menyebabkan pasir di beberapa pantai menjadi sangat panas sehingga hampir setiap penyu yang lahir adalah betina.

"Hal yang menakutkan adalah empat musim panas terakhir di Florida telah menjadi musim panas terpanas dalam catatan," kata manajer Rumah Sakit Penyu di Marathon Bette Zirkelbach.

Saat penyu betina menggali sarang di pantai, suhu pasir menentukan jenis kelamin tukik atau anak penyu. Menurut National Oceanographic Atmospheric Administration (NOAA), alih-alih menentukan jenis kelamin selama pembuahan, jenis kelamin penyu dan buaya tergantung pada suhu telur yang sedang berkembang.

Zirkelbach mengatakan, sebuah penelitian di Australia menunjukkan statistik serupa dengan 99 persen bayi penyu baru adalah bertina. "Para ilmuwan yang mempelajari tukik dan telur penyu tidak menemukan penyu jantan, jadi hanya penyu betina selama empat tahun terakhir," kata Zirkelbach yang pusat penyunya telah beroperasi sejak 1986 di wilayah Florida Keys yang merupakan serangkaian pulau tropis yang membentang dari ujung selatan negara.

Jika telur penyu menetas di bawah 27,7 derajat Celcius, tukik penyu yang lahir akan berjenis kelmain jantan, sedangkan jika mengerami di atas 31 derajat Celcius akan menjadi betina. "Selama bertahun-tahun, Anda akan melihat penurunan tajam dalam populasi mereka karena kita tidak memiliki keragaman genetik," kata pemelihara penyu di rumah sakit penyu yang baru dibuka di Kebun Binatang Miami Melissa Rosales Rodriguez.

Kami tidak memiliki rasio jantan-betina yang dibutuhkan untuk dapat memiliki sesi pemuliaan yang sukses," ujarnya.

Kedua rumah sakit penyu itu juga berjuang melawan tumor pada hewan tersebut atau dikenal sebagai fibropapilomatosis (FP). Tumor ini menular ke penyu lain dan dapat menyebabkan kematian jika tidak diobati.

Dengan iklim yang mempengaruhi masa depan penyu dan penyakit yang begitu meluas, Zirkelbach melihat perlunya menyelamatkan setiap penyu yang bisa ditolong. Dia pun ingin membuka lebih banyak pusat rehabilitasi.

"Rumah Sakit Penyu adalah yang pertama. Tapi, sayangnya dan untungnya, ada kebutuhan di seluruh Florida," ujarnya.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement