Kamis 04 Aug 2022 14:56 WIB

Great Barrier Reef Australia Tunjukkan Tutupan Karang Tertinggi dalam 36 Tahun

UNESCO mempertimbangkan akan memasukkan Great Barrier Reef sebagai kategori bahaya.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Friska Yolandha
Great Barrier Reef Australia, terumbu karang terbesar di dunia berpotensi alami pemutihan terbesar.
Foto:

Sementara di wilayah tengah tutupan karang keras meningkat menjadi 33 persen dari terendah 12 persen pada 2019. Semua itu menunjukan level tertinggi yang tercatat untuk kedua wilayah tersebut sejak lembaga tersebut mulai memantau terumbu karang pada 1985.

Tapi di wilayah selatan yang umumnya memiliki tutupan karang keras yang lebih tinggi daripada dua wilayah lainnya, justru terjadi penurunan. Tutupan turun menjadi 34 persen pada 2022 dari 38 persen pada tahun sebelumnya.

Pemulihan terjadi setelah pemutihan massal keempat dalam tujuh tahun dan yang pertama selama La Nina. Hardisty mengatakan, meskipun ekstensif, pemutihan pada 2020-2022 tidak merusak seperti pada 2016-2017.

"Hasil terbaru ini menunjukkan bahwa terumbu karang masih dapat pulih dalam periode bebas dari gangguan yang intens," kata Hardisty.

 

Di sisi bawah, pertumbuhan tutupan didorong oleh karang Acropora, yang menurut AIMS sangat rentan terhadap kerusakan gelombang, tekanan panas, dan bintang laut mahkota duri. "Ini berarti bahwa peningkatan besar tutupan karang keras dapat dengan cepat ditiadakan oleh gangguan pada terumbu di mana karang Acropora mendominasi," kata pemimpin program pemantauan AIMS Mike Emslie.

sumber : Reuters
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement