Jumat 05 Aug 2022 10:17 WIB

Ketua DPR AS Tiba di Jepang, Tujuan Terakhir Kunjungannya ke Asia

Pelosi mendarat di Tokyo saat China yang memamerkan kekuatan militer

Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi mendarat di Jepang pada Kamis (4/8/2022), kunjungan terakhir dalam turnya ke Asia yang kontroversial.
Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi mendarat di Jepang pada Kamis (4/8/2022), kunjungan terakhir dalam turnya ke Asia yang kontroversial.

REPUBLIKA.CO.ID., ISTANBUL -- Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi mendarat di Jepang pada Kamis (4/8/2022), kunjungan terakhir dalam turnya ke Asia yang kontroversial.

Dia terbang ke Tokyo dari Korea Selatan, setelah bertemu dengan sejawatnya Kim Jin-pyo di Seoul dan melakukan percakapan via telepon dengan Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol.

Baca Juga

Pelosi tiba di Jepang dua hari setelah dia menjadi pejabat AS paling senior yang mengunjungi Taiwan dalam 25 tahun, memicu kemarahan China dan mengarah pada peluncuran latihan militer di sekitar pulau yang memiliki pemerintahan sendiri yang dipandang Beijing sebagai “provinsi yang memisahkan diri.”

Sebelumnya pada hari itu, Jepang mengklaim setidaknya lima rudal balistik yang ditembakkan oleh China ke Taiwan yang memasuki zona ekonomi eksklusifnya di Laut Jepang.

Menteri Pertahanan Jepang Nobuo Kishi mengatakan ini adalah "pertama kalinya sebuah rudal balistik milik militer China" mendarat di daerah itu, menyebutnya sebagai "masalah serius yang menyangkut keamanan nasional negara kita dan keselamatan rakyat."

Tokyo telah mengajukan protes ke Beijing atas insiden tersebut, lapor Kyodo News.

Menurut kantor Pelosi, dia akan mengadakan pertemuan tingkat tinggi di Jepang untuk membahas “kepentingan bersama,” termasuk perdagangan, masalah pandemi Covid-19, dan krisis iklim.

Ketua DPR AS memulai tur 4 negaranya di Asia dari Singapura pada hari Senin, diikuti dengan persinggahan di Malaysia sebelum terbang ke Taipei.​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​

 

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/ketua-dpr-as-tiba-di-jepang-tujuan-terakhir-kunjungannya-ke-asia/2653822
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement