Sabtu 06 Aug 2022 00:12 WIB

Erdogan Tiba di Sochi untuk Bertemu Putin, Bahas Apa?

Erdogan akan membicarakan beberapa isu bilateral dengan Putin di Sochi.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) berbincang dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan saat bertemu di Sochi, Rusia, 5 August 2022.
Foto:

Upaya diplomatik Turki dalam membuka blokir ekspor biji-bijian Ukraina pun akan menjadi agenda. Alasannya, pertemuan antara Erdogan dan Putin terjadi di pekan yang sama dengan jadwal keberangkatan kapal yang membawa biji-bijian Ukraina. Ini merupakan keberangkatan pertama sejak konflik antara Rusia dan Ukraina terjadi.

"Berdasarkan perannya dalam kesepakatan biji-bijian, Turki telah berhasil memosisikan dirinya sebagai penghubung diplomatik Rusia kepada komunitas internasional," jelas peneliti dari Institute of Middle Eastern Studies di King's College London, Eyup Ersoy, seperti dilansir Aljazirah, Jumat (5/8/2022).

Ini merupakan kunjungan kedelapan Erdogan ke Rusia sejak 2019. Pertemuan ini juga akan menjadi pertemuan tatap muka kedua antara Erdogan dan Putin dalam dua pekan terakhir. Sebelumnya, Erdogan dan Putin sempat bertemu di Tehran, Iran pada Juli.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement