Selasa 16 Aug 2022 21:35 WIB

Putin Tuduh AS Ciptakan Konflik untuk Pertahankan Hegemoni

Putin sebut AS berusaha mendorong permusuhan yang berkepanjangan di Ukraina.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Presiden Rusia Vladimir Putin menuduh Amerika Serikat (AS) berusaha mendorong permusuhan yang berkepanjangan di Ukraina.
Foto:

Berbicara pada konferensi yang sama, Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu menuduh, sekutu Barat memberikan pasokan senjata ke Ukraina. Selain itu mereka juga memberikan informasi intelijen terperinci dan mengerahkan instruktur untuk membantu militer Ukraina mengoperasikan sistem senjata.

“Badan intelijen Barat tidak hanya menyediakan koordinat target untuk meluncurkan serangan, tetapi spesialis Barat juga telah mengawasi input data tersebut ke dalam sistem senjata,” kata Shoigu.

Shoigu menepis tuduhan bahwa Rusia berpotensi menggunakan senjata nuklir atau kimia dalam konflik yang terjadi di Ukraina. Dia menegaskan tuduhan tersebut sebagai kebohongan mutlak.

“Dari sudut pandang militer, tidak perlu menggunakan senjata nuklir di Ukraina untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan,” kata Shoigu. “Misi utama pasukan nuklir Rusia adalah memberikan pencegah terhadap serangan nuklir.”

Shoigu menambahkan bahwa klaim kemungkinan serangan kimia oleh Rusia sama-sama tidak masuk akal. Dia mengatakan, Moskow sepenuhnya melikuidasi persediaan senjata kimianya sesuai dengan perjanjian internasional yang melarang senjata kimia.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement