Sabtu 20 Aug 2022 22:21 WIB

PBB Umumkan AS Beli 150 Ribu Ton Biji-Bijian untuk Bantuan

Ukraina adalah sumber dari setengah gandum yang dibeli WFP tahun lalu.

Rep: Dwina Agustin/ap/ Red: Muhammad Fakhruddin
PBB Umumkan AS Beli 150 Ribu Ton Biji-Bijian untuk Bantuan (ilustrasi).
Foto: AP/Efrem Lukatsky
PBB Umumkan AS Beli 150 Ribu Ton Biji-Bijian untuk Bantuan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,BULLA HAGAR -- Amerika Serikat (AS) meningkatkan pembelian sekitar 150.000 metrik ton biji-bijian dari Ukraina dalam beberapa minggu ke depan. Kepala Program Pangan Dunia (WFP) David Beasley menyatakan, pembelian ini untuk pengiriman bantuan makanan mendatang dari pelabuhan yang tidak lagi diblokade oleh perang.

Beasley mengatakan pada Jumat (19/8), tujuan akhir untuk penerima  biji-bijian tidak dikonfirmasi dan diskusi masih berlanjut. Namun, pengiriman yang direncanakan mengirim lebih dari enam kali jumlah biji-bijian yang kapal pertama yang dikirim ke Tanduk Afrika.

Baca Juga

Pengumuman tersebut dilakukan Beasley dari Kenya utara yang dilanda kekeringan yang melanda wilayah Tanduk Afrika. Dia duduk di bawah pohon berduri di antara perempuan lokal yang mengelilinginya. Dia mengatakan, terakhir kali hujan turun di wilayah itu terjadi pada 2019.

Komunitas yang tidak terkena air ini dalam beberapa minggu yang dapat membuat sebagian wilayah, terutama tetangga Somalia, mengalami kelaparan. Ribuan orang telah meninggal dan menurut WFP sebanyak 22 juta orang kelaparan.

“Saya pikir ada kemungkinan besar kita akan memiliki deklarasi kelaparan dalam beberapa minggu mendatang," kata Beasley.

Beasley menyebut situasi yang dihadapi Tanduk Afrika sebagai badai sempurna di atas badai yang sempurna, tsunami di atas tsunami. Wilayah yang rawan kekeringan itu berjuang untuk mengatasi masalah di tengah harga makanan dan bahan bakar yang tinggi yang sebagian didorong oleh perang di Ukraina.

Kapal pertolongan pertama yang ditunggu-tunggu dari Ukraina membawa 23.000 metrik ton biji-bijian. Menurut Beasley, itu cukup untuk memberi makan 1,5 juta orang dengan ransum penuh selama sebulan.

Gandum itu diperkirakan akan berlabuh di Djibouti pada 26 atau 27 Agustus. Gandum itu seharusnya dikirim melalui darat ke Ethiopia utara, dengan jutaan orang di wilayah Tigray, Afar, dan Amhara tidak hanya menghadapi kekeringan tetapi juga konflik mematikan.

Ukraina adalah sumber dari setengah gandum yang dibeli WFP tahun lalu untuk memberi makan 130 juta orang yang kelaparan. Rusia dan Ukraina menandatangani perjanjian dengan PBB dan pemerintah Turki bulan lalu untuk memungkinkan ekspor gandum Ukraina untuk pertama kalinya sejak invasi Rusia pada Februari.

Tapi, menurut Beasley, pembukaan kembali pelabuhan Ukraina yang lambat dan pergerakan kapal kargo yang berhati-hati melintasi Laut Hitam tidak akan menyelesaikan krisis keamanan pangan global. Dia memperingatkan bahwa negara-negara kaya harus berbuat lebih banyak untuk menjaga agar gandum dan bantuan lain mengalir ke bagian-bagian paling lapar di dunia.

"Dengan keuntungan minyak yang begitu tinggi saat ini, keuntungan yang memecahkan rekor, miliaran dolar setiap minggu - ... negara-negara Teluk perlu membantu, perlu meningkatkan dan melakukannya sekarang," kata Beasley. “Tidak bisa dimaafkan. Terutama karena ini adalah tetangga mereka, ini adalah saudara mereka, keluarga mereka."

Beasley menegaskan WFP dapat menyelamatkan jutaan nyawa hanya dengan satu hari keuntungan minyak negara-negara Teluk. Cina juga dinilai perlu membantu. "Cina adalah ekonomi terbesar kedua di dunia, dan kami mendapat banyak pujian dari Cina, atau sangat sedikit," katanya.

Meskipun gandum meninggalkan Ukraina dan harapan pasar global mulai stabil, kepala WFP ini menilai, orang-orang paling rentan di dunia menghadapi pemulihan yang panjang dan sulit. "Bahkan jika kekeringan ini berakhir, kita berbicara tentang krisis pangan global setidaknya selama 12 bulan lagi,” kata Beasley.

“Tapi dalam hal yang termiskin dari yang miskin, perlu beberapa tahun untuk keluar dari ini," ujarnya.

Beberapa orang termiskin di dunia tanpa cukup makanan berada di Kenya utara. Jutaan ternak, sumber kekayaan, dan nutrisi keluarga, mati dalam kekeringan. Banyak pompa air yang kering. Lebih dan lebih ribuan anak kekurangan gizi.

"Jangan lupakan kami. Bahkan unta pun telah menghilang. Bahkan keledai pun menyerah," kata warga Kenya bernama Hasan Mohamud kepada Beasley. 

 

Sumber: https://apnews.com/article/russia-ukraine-droughts-united-states-nations-africa-7fc5a61b8728fd962128afb40acb0cbf

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement