Kamis 25 Aug 2022 18:48 WIB

Guardiola Pasrah Apabila Silva Memilih Meninggalkan City

Guardiola mengaku masih memiliki harapan untuk melihat Silva mengenakan seragam City

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Muhammad Akbar
Pelatih kepala Manchester City Pep Guardiola bertepuk tangan sebelum pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Manchester City dan Bournemouth di stadion Etihad di Manchester, Inggris, Sabtu, 13 Agustus 2022.
Foto: AP/Jon Super
Pelatih kepala Manchester City Pep Guardiola bertepuk tangan sebelum pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Manchester City dan Bournemouth di stadion Etihad di Manchester, Inggris, Sabtu, 13 Agustus 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, menegaskan, tidak akan menghalangi kepindahan Bernardo Silva ke Barcelona.

Meski saat ini masih berstatus sebagai penggawa The Citizens, Silva masih memiliki peluang meninggalkan The Citizens pada musim panas kali ini. Barcelona kerap disebut-sebut sebagai peminat terbesar gelandang serang asal Portugal.

Ketertarikan Blaugrana terhadap mantan winger Benfica itu bahkan sudah terendus pada pertengahan musim lalu. Minat Blaugrana itu pun seiring dengan kabar keinginan Silva untuk mengakhiri kiprah bersama The Citizens.

Guardiola mengaku masih memiliki harapan untuk melihat Silva mengenakan seragam The Citizens pada musim ini. Namun, pelatih asal Spanyol itu tidak bisa menjamin, gelandang serang berusia 28 tahun itu akan tetap memperkuat juara bertahan Liga Primer Inggris tersebut.

Tidak hanya itu, Guardiola juga tidak mau menghalangi Silva apabila eks winger AS Monaco itu memilih hengkang. Setidaknya masih ada waktu sepekan lagi atau saat jendela transfer musim panas kali ini resmi ditutup untuk menentukan kelanjutan kiprah Silva bersama City

''Jika ada tawaran untuk Bernardo Silva, kedua klub harus setuju. Jika pemain tersebut ingin pergi, saya tidak tahu, masih ada tujuh hari lagi sebelum jendela transfer resmi ditutup. Bernardo sepertinya sangat menyukai Barcelona,'' ujar Guardiola seperti dikutip BarcaTV, Kamis (25/8).

Mantan gelandang sekaligus pelatih Barcelona itu tidak bisa mencegah mantan klubnya tersebut untuk melayangkan tawaran untuk perekrutan Silva. Setidaknya untuk saat ini, Silva masih tercatat menjadi pemain milik The Citizens.

''Saya bukan orang yang berhak mengatakan kepada Barcelona untuk tidak melakukan penawaran kepada Bernardo. Dia adalah pemain kelas dunia, dan kami mencintai dia. Untuk saat ini, dia masih bersama kami,'' kata Guardiola.

Sebelumnya, manajemen City dikabarkan enggan melepas pemain yang didatangkan dari Monaco pada 2017 tersebut. City pun memagari Silva dengan nilai transfer mencapai 80 juta poundsterling.

Besaran nilai transfer yang agaknya sulit dipenuhi Blaugrana lantaran masih dibayang-bayangi krisis keuangan. Tidak hanya itu, City juga disebut-sebut tengah menyiapkan tawaran kontrak anyar buat Silva, termasuk dengan kemungkinan kenaikan gaji.

Saat ini, Silva diketahui masih memiliki sisa kontrak selama tiga tahun bersama City. Gelandang serang Timnas Portugal itu diketahui mengantongi gaji sebesar 150 ribu poundsterling per pekan.

Dalam tawaran kontrak anyar tersebut, City dikabarkan siap meningkatkan gaji Silva secara signifikan. Bahkan, manajemen City siap menempatkan Silva di peringkat ketiga pemain dengan gaji tertinggi di skuad The Citizens, di bawah Kevin De Bruyne dan Erling Haaland.

Dengan gaji sebesar 400 ribu poundsterling, De Bruyne merupakan pemain dengan gaji tertinggi di skuad City. Setelah itu diikuti Erling Haaland, yang mendapatkan bayaran sebesar 350 ribu poundsterling per pekan.

Rencana tawaran kontrak anyar dari City itu juga tidak terlepas dari performa Silva di atas lapangan. Pada musim ini, Silva terbukti masih mampu menunjukan performa impresif.

Kendati baru tampil sebagai starter di tiga laga di pentas Liga Primer Inggris, Silva telah mengemas satu gol dan satu assist, tepatnya saat City ditahan imbang Newcastle United, 3-3, akhir pekan lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement