Kamis 01 Sep 2022 12:20 WIB

Pesisir Timur China akan Diterjang Topan Hinnamnor, Kapal Diperintahkan Berlabuh

Kementerian China perkirakan topan Hinnamnor akan menimbulkan kerusakan parah

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Seorang wanita berlari di antara terpaan hujan badai di China. Kementerian China perkirakan topan Hinnamnor akan menimbulkan kerusakan parah. Ilustrasi.
Foto: Jason Lee/Reuters
Seorang wanita berlari di antara terpaan hujan badai di China. Kementerian China perkirakan topan Hinnamnor akan menimbulkan kerusakan parah. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING - Wilayah pesisir timur China bakal diterjang topan Hinnamnor sehingga otoritas setempat mengeluarkan peringatan dini guna menghindari jatuhnya korban jiwa. Topan tersebut diperkirakan bergerak menuju wilayah tenggara Laut China Timur pada Sabtu (3/9/2022) malam.

Kementerian Kegawatdaruratan China (MEM) dalam pertemuan virtual pada Rabu (31/8/2022) malam menginstruksikan persiapan penuh menghadapi segala risiko yang ditimbulkan topan tersebut. Ada delapan pemerintah provinsi di pesisir timur China yang mendapatkan instruksi tersebut dengan prioritas utamanya adalah keselamatan nyawa warga.

Baca Juga

Pemprov Zhejiang menindaklanjutinya dengan mengeluarkan status tanggap darurat level IV. Zhejiang diperkirakan akan mengalami badai besar, khususnya di wilayah pesisir timur pada Kamis hingga Selasa (6/9/2022) dengan ketinggian gelombang enam meter hingga sembilan meter.

Otoritas Zhejiang telah memerintahkan kapal-kapal yang sedang berlayar untuk kembali ke pelabuhan dan mengevakuasi para awaknya. Objek wisata di pesisir timur itu juga ditutup disertai dengan intensivitas patroli oleh petugas. Demikian diungkapkan otoritas Zhejiang.

Kementerian Sumber Daya Alam China memperkirakan gelombang tinggi akan terjadi di Provinsi Zhejiang, Provinsi Fujian, Provinsi Jiangsu, dan Kota Shanghai dalam tempo relatif lama dan meluas. Topan Hinnamnor merupakan topan ke-11 yang terjadi pada tahun ini. Kementerian tersebut memperkirakan risiko kerusakan parah sebagai dampak dari topan dan banjir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement