Ahad 04 Sep 2022 19:57 WIB

Bus yang Ditumpangi Warga Israel Diberondong Tembakan

Tembakan terhadap bus yang ditumpangi warga Israel dilakukan dari sebuah truk.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Muhammad Fakhruddin
Bus yang Ditumpangi Warga Israel Diberondong Tembakan (ilustrasi).
Foto: anadolu agancy
Bus yang Ditumpangi Warga Israel Diberondong Tembakan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,TEL AVIV – Sebuah bus yang ditumpangi warga Israel diberondong tembakan saat melintas di Lembah Yordan, Ahad (4/9). Sedikitnya empat orang terluka dalam kejadian tersebut.

Media Israel, Haaretz, melaporkan, penembakan itu terjadi di dekat permukiman Israel di Hamra. Menurut Haaretz, polisi Israel berhasil menangkap dua orang yang diyakini melepaskan berondongan tembakan ke arah bus.

Baca Juga

Seorang juru bicara militer Israel mengungkapkan, tembakan terhadap bus yang ditumpangi warga Israel dilakukan dari sebuah truk. Setelah bus berhenti, para pelaku turun kemudian menuangkan bensin ke badan bus. Mereka diyakini hendak membakar bus tersebut.

Militer maupun polisi Israel belum merilis identitas dan latar belakang tersangka penembakan. Pada Oktober tahun lalu, Israel mengumumkan akan melanjutkan rencana pemasaran tanah untuk membangun 1.500 rumah baru di Lembah Yordan pada 2026. Rencana itu bakal menggandakan jumlah keluarga Israel yang tinggal di daerah tersebut.

Lembah Yordan adalah jalur di sepanjang perbatasan timur Tepi Barat, yang dikendalikan Yordania sebelum perang Timur Tengah 1967. Palestina mengharapkan Lembah Yordan menjadi bagian dari teritorial negaranya pada masa depan. Lembah Yordan dinilai memiliki fungsi strategis bagi pejabat keamanan Israel. Hal itu karena lembah tersebut dapat dijadikan benteng untuk mengantisipasi serangan seperti pada perang Arab-Israel pada 1948. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement