Kamis 08 Sep 2022 17:57 WIB

Afsel Kirim Cheetah ke India dan Mozambik

Empat cheetah yang ditangkap di cagar alam Afrika Selatan diterbangkan ke Mozambik.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Friska Yolandha
Dokter hewan satwa liar Andy Frasier mengarahkan seekor cheetah untuk ditenangkan dan dimasukkan ke dalam peti, di sebuah cagar alam dekat Bella Bella, Afrika Selatan, Minggu, 4 September 2022. Pejabat satwa liar Afrika Selatan telah mengirim empat cheetah ke Mozambik minggu ini sebagai bagian dari upaya untuk memperkenalkan kembali spesies ke bagian tetangga Afrika selatan.
Foto: AP Photo/Denis Farrell
Dokter hewan satwa liar Andy Frasier mengarahkan seekor cheetah untuk ditenangkan dan dimasukkan ke dalam peti, di sebuah cagar alam dekat Bella Bella, Afrika Selatan, Minggu, 4 September 2022. Pejabat satwa liar Afrika Selatan telah mengirim empat cheetah ke Mozambik minggu ini sebagai bagian dari upaya untuk memperkenalkan kembali spesies ke bagian tetangga Afrika selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, BELA-BELA -- Afrika Selatan menerbangkan cheetah ke India dan Mozambik. Pengiriman ini sebagai bagian dari upaya ambisius untuk memperkenalkan kembali jenis kucing besar berbintik khas ini ke wilayah dengan populasi hewan itu telah berkurang.

Sebanyak empat cheetah yang ditangkap di cagar alam di Afrika Selatan telah diterbangkan ke Mozambik minggu ini setelah dikarantina selama sekitar satu bulan dan diizinkan untuk bepergian. Para konservasionis sedang bersiap untuk menerbangkan 12 mamalia darat tercepat di dunia ke India pada Oktober.

Baca Juga

Dokter hewan satwa liar Andy Frasier mengatakan, relokasi itu sulit bagi hewan-hewan tersebut. “Ini adalah proses yang sangat menegangkan bagi kucing untuk berada di lingkungan boma (kandang ternak) karena mereka tidak punya tempat untuk pergi sementara kami membius mereka,” kata Frasier tentang menembak cheetah dengan panah obat penenang.

“Kami perlu menggunakan dosis obat kami dengan sangat hati-hati dan memastikan bahwa kami memberi mereka cukup obat untuk membius mereka dengan aman,” katanya.

Frasier mengatakan, hewan tersebut telah bangun dengan baik di kandang dan semua cukup santai dalam perjalanan. "Kami senang mereka pergi dengan transportasi mereka,” katanya.

photo
Seekor cheetah melompat ke dalam bagian karantina sebelum dipindahkan ke India bulan depan, di cagar alam dekat Bella Bella, Afrika Selatan, Minggu, 4 September 2022. Pejabat satwa liar Afrika Selatan telah mengirim empat cheetah ke Mozambik minggu ini dan berencana untuk mengirim lebih banyak lagi. cheetah ke India bulan depan. - (AP Photo/Denis Farrell)

Menurut Frasier, tim sedang mempersiapkan relokasi cheetah yang lebih besar dan lebih menantang ke India. Pengiriman ini akan mengharuskan kucing besar itu untuk menempuh jarak yang lebih jauh dengan berhenti di bandara komersial. Para cheetah itu akan dirawat dengan obat penenang yang bertahan selama tiga sampai lima hari selama perjalanan.

Ada dua subspesies cheetah. Mereka yang pernah berkeliaran di Asia dinyatakan punah di India pada 1952 dan sekarang hanya ditemukan di Iran. Sejak itu ada upaya untuk memperkenalkan kembali kucing-kucing ini ke sabana India. Awalnya rencananya adalah membawa cheetah dari Iran tetapi sekarang justru dipindahkan dari negara-negara Afrika selatan.

Dalam upaya perpindahan ini, menurut Manajer Cheetah Metapopulation Initiative Vincent van der Merwe, Namibia menyumbangkan delapan cheetah yang akan diterbangkan ke India bulan ini. Afrika Selatan akan mengirim 12 cheetah tambahan ke India pada Oktober.

photo
Seekor cheetah yang dibius dimasukkan ke dalam kandang oleh staf dokter hewan di cagar alam dekat Bella Bella, Afrika Selatan, Minggu, 4 September 2022. Pejabat satwa liar Afrika Selatan telah mengirim empat cheetah ke Mozambik minggu ini sebagai bagian dari upaya untuk memperkenalkan kembali spesies tersebut. ke bagian-bagian tetangga Afrika selatan. - (AP Photo/Denis Farrell)

"Untuk populasi yang layak secara genetik di India dalam jangka panjang, Anda membutuhkan setidaknya 500 individu, jadi setiap tahun kami akan mengirim delapan hingga 12 hewan, untuk melengkapi mereka, untuk meningkatkan jumlah, untuk membawa genetika baru sampai mereka memiliki populasi yang layak,” kata van der Merwe.

Pejabat India mengatakan, langkah itu akan membantu upaya konservasi cheetah global karena jangkauan di Afrika terbatas. Rencananya, kucing-kucing besar itu akan disimpan di kandang besar di hutan India tengah, terlindung dari pemangsa lain seperti macan tutul atau beruang, untuk memberi mereka waktu membiasakan diri dengan rumah baru.

Para hewan yang dikarantina ini kandang diberikan buruan seperti rusa dan kijang yang diharapkan para ilmuwan akan diburu. Setelah beberapa bulan pemantauan ketat, cheetah akan dipasangi radio collar dan dilepaskan.

Negara-negara Afrika selatan seperti Afrika Selatan, Zambia, Namibia dan Zimbabwe masih memiliki populasi cheetah yang signifikan. Negara-negara itu diharapkan memainkan peran penting dalam pengenalan kembali di India setelah pengiriman pertama tahun ini.

Populasi cheetah Afrika Selatan berkembang pada tingkat sekitar delapan persen setiap tahun. Van der Merwe mengatakan, kondisi ini yang memungkinkan negara itu untuk memindahkan sekitar 30 kucing ke cagar alam lain di Afrika Selatan dan mengekspor beberapa ke negara lain.

Dalam operasi minggu ini, dua cheetah dewasa jantan dan dua betina dibius di provinsi Limpopo utara Afrika Selatan dan kemudian diterbangkan ke Cagar Nasional Marromeu Mozambik di wilayah delta Zambezi.

Para konservasionis mengatakan, delta Sungai Zambezi di Mozambik memiliki populasi cheetah yang signifikan yang berkurang drastis akibat perburuan liar. Cheetah pun menjadi mangsa bagi singa dan macan tutul.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement