Jumat 09 Sep 2022 18:40 WIB

Pasukan India dan China Menarik Diri dari Wilayah Himalaya Barat

India dan China berbagi perbatasan sepanjang 3.800 kilometer tanpa batas.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Friska Yolandha
Pasukan India dan China mulai menarik diri dari daerah perbatasan Gogra-Hot Springs, Himalaya Barat, Jumat (9/9/2022) waktu setempat.
Foto: AP, file
Pasukan India dan China mulai menarik diri dari daerah perbatasan Gogra-Hot Springs, Himalaya Barat, Jumat (9/9/2022) waktu setempat.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Pasukan India dan China mulai menarik diri dari daerah perbatasan Gogra-Hot Springs, Himalaya Barat, Jumat (9/9/2022) waktu setempat. Penarikan dilakukan setelah dua tahun kedua belah pihak bentrok di perbatasan yang merusak hubungan diplomatik. 

Pelepasan pasukan juga terjadi menjelang pertemuan yang diperkirakan akan dihadiri oleh Presiden China Xi Jinping dan Perdana Menteri India Narendra Modi di Uzbekistan pekan depan. India dan China mengatakan, pelepasan terjadi dengan cara yang terkoordinasi dan terencana yang akan membantu menjaga perdamaian di perbatasan.

Baca Juga

"Kontak langsung telah berakhir. Pasukan telah dilepaskan. Mereka belum dilantik," kata sumber pertahanan India. Meskipun kedua negara masih memiliki ribuan tentara berbaris di sepanjang perbatasan de factor, yang dikenal sebagai Line of Actual Control (LAC).

"Ini adalah langkah pertama menuju LAC yang lebih tenang," kata sumber tersebut, yang menolak disebutkan namanya karena mereka tidak berwenang untuk berbicara kepada media.

Kementerian pertahanan China mengatakan, bahwa pasukan dari kedua belah pihak telah mulai melepaskan diri dengan cara yang sinkron dan terencana. "Ini kondusif untuk menjaga perdamaian dan ketenangan di wilayah perbatasan," kata kementerian itu.

India dan China berbagi perbatasan sepanjang 3.800 kilometer tanpa batas. Pasukan mereka sebelumnya mematuhi protokol lama untuk menghindari penggunaan senjata api apa pun.

Telah terjadi 16 putaran pertemuan antara komandan militer senior dari kedua negara sejak Juni 2020 ketika pasukan India dan China bentrok di daerah Galwan wilayah Ladakh. Sedikitnya 20 tentara India dan empat tentara China tewas dalam pertempuran perorangan yang menyebabkan eskalasi tajam dalam ketegangan antara raksasa Asia yang bersenjata nuklir itu.

India memindahkan sekitar 50 ribu tentara di sepanjang daerah yang diperebutkan di Ladakh untuk menyamai pengerahan Cina. Beberapa di antaranya berada di ketinggian lebih dari 15.000 kaki (4.572 m), di mana oksigen yang langka dan suhu beku dapat mengancam jiwa.

Pasukan China membongkar belasan bangunan dan memindahkan kendaraan untuk mengosongkan seluruh kamp dari tepi danau Pangong Tso di Ladakh pada Februari 2021. Sebagai bagian dari kesepakatan untuk menarik kembali tentara mereka, beberapa di antaranya dikerahkan berdekatan satu sama lain.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement