Kamis 22 Sep 2022 12:16 WIB

Gulkarmat Jakpus Padamkan Kebakaran Rumah di Cempaka Baru

Rumah yang terbakar di Cempaka Baru, Jakpus merupakan kawasan permukiman padat.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Petugas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) melakukan proses pendinginan di lokasi kebakaran (ilustrasi).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Petugas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) melakukan proses pendinginan di lokasi kebakaran (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat (Sudin Gulkarmat Jakpus) memadamkan kebakaran rumah tinggal di permukiman padat RT 11, RW 05, Kelurahan Cempaka Baru, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat. Kebakaran terjadi pada Kamis (22/9/2022) pagi WIB.

Perwira piket Sudin Gulkarmat Jakpus, Mulandono menjelaskan, informasi kebakaran diterima pihaknya pada pukul 08.26 WIB per telepon dari seorang warga bernama Lamriati Siagian. Kemudian, pitugas jaga mengerahkan dua unit kendaraan pemadam kebakaran dengan 10 personel.

Petugas tiba di lokasi pada pukul 08.34 WIB dan langsung melakukan pemadaman. Setelah semuanya siap, sambung dia, pada pukul 08.25 WIB, lokasi kebakaran sudah bisa dilokalisasi. "Tak lama, tim bantuan datang sehinggatotal unit sembilan dengan 45 personel," katanya di Jakarta, Kamis.

Salah satu warga di lokasi, Monang membenarkan, Sudin Gulkarmat Jakpus mengerahkan sebanyak sembilan unit mobil pemadam kebakaran dengan total 45 personel untuk memadamkan si jago merah. Mulandono menerangkan, api awalnya berasal dari salah satu rumah warga dan kemudian merembet ke rumah lainnnya.

"Dugaan saya itu api karena adanya hubungan arus pendek dari salah satu rumah. Api berasal dari lantai dua salah satu rumah," kata Mulandono.

Lurah Cempaka Baru Cheriadi mengatakan, rumah yang terbakar merupakan kawasan permukiman padat. Dia mengaku, belum mengetahui penyebab pasti dari kebakaran yang terjadi karena masih dalam proses pemadaman sisa api. "Di sini permukiman padat dan yang terbakar rumah semipermanen. Api bermula sekitar pukul 08.30 WIB," ujar Cheriadi.

Sampai berita ini dilaporkan, tampak petugas Sudin Gulkarmat Jakbar dan warga berjibaku memadamkan api. Belum ada data perkiraan kerugian dari peristiwa itu. Untuk korban, sementara ini diketahui, ada dua orang mengalami luka bakar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement