Senin 03 Oct 2022 09:31 WIB

Kala Yurt Jadi Pilihan Tinggal Warga Hungaria Demi Tekan Biaya Energi

Penggunaan yurt akan menghemat biaya sehari-hari, terutama pemanas.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Friska Yolandha
Yurt (jurta) menjadi pilihan tinggal banyak warga Hungaria demi menekan biaya energi yang dilanda krisis.
Foto:

Ada sekitar selusin pembuat yurt di Hongaria, dan kebanyakan dari mereka mengatakan bahwa mereka mendapat banyak pertanyaan dan pesanan baru. Menurut Adorjan, yurt lebih murah bagi pemanas karena udara bersirkulasi dalam satu ruang bundar yang menahan panas lebih lama, sementara dindingnya diisolasi.

"Bahkan kompor kecil bisa memanaskan yurt dalam waktu singkat," kata Adorjan.

Keluarga lain, yakni keluarga Pogany pindah ke yurt mereka tiga bulan lalu. Tadinya mereka tinggal di sebuah peternakan dekat Kecskemet di Hungaria timur, memelihara domba dan menanam labu untuk dijual sehingga bisa membeli yurt.

Di bekas rumah pertanian mereka, mereka hanya memanaskan satu ruangan dengan tungku kayu dan itu pun malah dingin di pagi hari. Sekarang di yurt, mereka akan menggunakan kompor dan pemanas lantai listrik. Yurt mereka didekorasi dan ditata seperti apartemen dengan gambar, tanaman, sofa, tempat tidur, meja makan, dan area dapur yang rapi.

Sambil menunggu dikarunia anak pertama mereka, keluarga Pogany menegaskan bahwa tetap hangat lebih penting dari segalanya. Mereka berencana untuk tinggal di yurt selama bertahun-tahun, sambil mencoba menabung untuk membangun kembali rumah pertanian lama mereka.

"Bagi saya ini sangat melegakan. Saya tidak takut kami kedinginan karena saya tahu kompor akan membuat kami tetap hangat," kata Petra Pogany-Bago duduk di samping suaminya di yurt mereka yang nyaman.

 

Mihaly Pogany, 28, yang bekerja sebagai agen asuransi, mengatakan dunia telah berubah dan orang harus menyesuaikan diri dengan tingkat kenyamanan yang lebih rendah. "Merupakan kemewahan besar untuk memanaskan flat hingga 26 Celcius," katanya.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement