Senin 10 Oct 2022 05:54 WIB

Skotlandia Yakin Bisa Gelar Referendum Kemerdekaan dari Inggris

Dalam plebisit 2014, 55 persen warga Skotlandia menolak kemerdekaan.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Friska Yolandha
bendera skotlandia. Menteri Pertama Skotlandia Nicola Sturgeon mengatakan, dia yakin referendum kedua terkait kemerdekaan Skotlandia dari Inggris dapat berlangsung pada Oktober tahun depan.
Foto: REUTERS/Carlo Allegri
bendera skotlandia. Menteri Pertama Skotlandia Nicola Sturgeon mengatakan, dia yakin referendum kedua terkait kemerdekaan Skotlandia dari Inggris dapat berlangsung pada Oktober tahun depan.

REPUBLIKA.CO.ID, EDINBURGH -- Menteri Pertama Skotlandia Nicola Sturgeon mengatakan, dia yakin referendum kedua terkait kemerdekaan Skotlandia dari Inggris dapat berlangsung pada Oktober tahun depan. Pengadilan tinggi Inggris, pada Selasa (4/10/2022) mulai mendengarkan argumen untuk mengizinkan pemungutan suara pemisahan diri tanpa persetujuan dari Perdana Menteri Inggris Liz Truss dan pemerintahnya.

"Ya, saya yakin itu bisa terjadi. Mari kita tunggu dan lihat apa yang dikatakan pengadilan. Saya yakin Skotlandia akan merdeka,” kata Sturgeon saat diwawancara stasiun televisi BBC tentang potensi digelarnya referendum kemerdekaan Skotlandia dari Inggris, Ahad (9/10/2022).

Baca Juga

Sturgeon berpendapat, ketika pemilih mendukung partai-partai pro kemerdekaan dalam pemilihan parlemen Skotlandia tahun lalu, ada mandat bagi mereka mengajukan rancangan undang-undang (RUU) untuk mengadakan referendum pada 19 Oktober 2023.

Dalam plebisit 2014, yang disetujui pemerintah Inggris, sebanyak 55 persen warga Skotlandia menolak kemerdekaan. Sementara 45 persen lainnya mendukung gagasan tersebut. Namun, Scottish National Party (SNP) berpendapat bahwa keputusan Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa dua tahun kemudian adalah pengubah permainan.

Sturgeon telah berjanji bahwa kekalahan di Mahkamah Agung akan berarti SNP bakal bertarung dalam pemilihan umum Inggris berikutnya pada 2024. Hal itu semata-mata pada platform apakah Skotlandia harus merdeka, menjadikannya referendum 'de facto'. Menurut Sturgeon, itu adalah pilihan terakhir.

"Itu bukan preferensi saya. Jika rute yang tepat untuk mempertimbangkan dan memutuskan masalah ini, yang merupakan referendum konstitusional yang sah, diblokir. Maka pilihannya sederhana: Kami menyerahkan kasus kami kepada orang-orang dalam pemilihan atau kami menyerah pada demokrasi Skotlandia dan saya ingin menjadi sangat jelas hari ini, saya tidak akan pernah menyerah pada demokrasi Skotlandia,” ucap Sturgeon.

Pada Desember 2019, Sturgeon telah mengirim surat kepada mantan perdana menteri Inggris Boris Johnson untuk menggelar referendum kemerdekaan. Dia memang ingin referendum tersebut sah, legal, dan konstitusional. 

Untuk mencapai hal itu, dia memerlukan izin dari Pemerintah Inggris. Namun Boris Johnson dengan tegas menolak mengabulkan permintaan Sturgeon. "Anda dan pendahulu Anda (Alex Salamond) membuat janji pribadi bahwa referendum 2014 adalah pemungutan suara 'sekali dalam satu generasi'," kata Johnson dalam suratnya kepada Sturgeon yang dirilis pertengahan Januari lalu, dikutip laman BBC. 

Menurut Johnson, rakyat Skotlandia memilih dengan tegas janji itu untuk menjaga keutuhan Kerajaan Inggris. Dia mengatakan Pemerintah Inggris akan menjunjung tinggi keputusan demokratis rakyat Skotlandia dan janji yang dibuat pemimpinnya untuk mereka. "Untuk alasan itu, saya tidak bisa menyetujui permintaan transfer kekuasaan yang akan mengarah pada referendum kemerdekaan lebih lanjut," ujar Johnson.

Skotlandia telah menggelar referendum kemerdekaan pada 2014. Saat itu sebanyak 55 persen warga di sana menolak hal tersebut. Sturgeon mengatakan keadaan telah berubah sejak pemungutan suara 2014, terutama karena mayoritas masyarakat Skotlandia memilih untuk tetap berada di Uni Eropa dalam referendum Brexit tahun 2016. Sementara Inggris, secara keseluruhan, memilih untuk hengkang dari Uni Eropa. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement